Prijanto: Kepemimpinan Jokowi Mirip Militer

Jumat, Oktober 19, 2012 0 Comments

Gebrakan 100 Hari Jokowi

Pasangan gubernur dan wakil gubernur terpilih, Joko Widodo dan Basuki Tjahja Purnama, didampingi Gubernur DKI Jakarta Fauzi Bowo dan Wakil Gubernur Prijanto, hadir pada acara perkenalan gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta terpilih masa bakti 2012-2017 dengan jajaran Pemprov DKI Jakarta di Balai Kota, Jakarta Pusat, Jumat (5/10/2012).

Dari perspektif kepemimpinan militer ini hampir ada kemiripannya. Kalau di militer wakil itu ibu rumah tangga, dia ada di dalam. Komandan atau panglima itu keluar untuk mempelajari segala sesuatunya.

[Prijanto]

Gaya kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo dinilai mirip dengan gaya memimpin di militer. Sebagai pimpinan, Jokowi lebih banyak keluar meninjau langsung permasalahan dan segala sesuatunya. Sementara wakilnya, Basuki Tjahaja Purnama, lebih mengurus hal-hal internal, seperti kepegawaian dan birokrasi. 

"Dari perspektif kepemimpinan militer ini hampir ada kemiripannya. Kalau di militer wakil itu ibu rumah tangga, dia ada di dalam. Komandan atau panglima itu keluar untuk mempelajari segala sesuatunya," kata mantan Wakil Gubernur DKI Prijanto saat dijumpai di Balaikota Jakarta, Kamis (18/10/2012). 

Gaya Jokowi memimpin dinilainya semakin mirip dengan gaya memimpin di kemiliteran dari caranya memberikan petunjuk kepada wakil dan stafnya. Semua pembahasan dilakukan setelah Jokowi selesai meninjau dan memetakan permasalahan yang terjadi. 

"Setelah tahu masalahnya, Jokowi mengumpulkan stafnya, memberikan petunjuk pada SKPD terkait. Otomatis staf berpikir, menyarankan atau beri alternatif, nanti tetap Jokowi yang putuskan. Itu bagus. Jadi, dalam perspektif militer, Jokowi dan Basuki sudah ideal. Itulah prosedur hubungan komandan dan staf di militer," ungkapnya. 

Mantan Asisten Teritorial Kepala Staf Angkatan Darat (Aster KSAD) ini menambahkan, kunci sukses Jokowi memecahkan permasalahan Jakarta adalah dengan menilik langsung wilayah yang menjadi kantong-kantong masalah seperti yang ia lakukan selama beberapa hari ini. 

"Dengar keluhan dan harapan masyarakat langsung di lapangan. Setelah tahu lika-likunya, proses pemecahan masalah akan diketahui," tandasnya.




Sumber: Kompas

Editor: M. Amin

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.