PPATK: Kepemimpinan Jokowi harus jadi momentum keterbukaan

Kamis, Oktober 25, 2012 0 Comments

Gebrakan 100 Hari Jokowi Basuki #10

PPATK: Kepemimpinan Jokowi harus jadi momentum keterbukaan
Pelantikan Jokowi-Ahok. ©2012 Merdeka.com/arie basuki
"Kepemimpinan pak Jokowi dan pak Basuki di DKI harus menjadi momentum perubahan pengelolaan keuangan daerah."

[Agus Santoso]

Pemerintah Provinsi DKI harus menjadi contoh pengelolaan keuangan daerah yang terbuka. Kepemimpinan Gubernur DKI Jakarta Jokowi dan Wakil Gubernur DKI Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) harus mejadi momentum untuk mewujudkan hal itu.

"Kepemimpinan pak Jokowi dan pak Basuki di DKI harus menjadi momentum perubahan pengelolaan keuangan daerah," ujar Wakil Kepala PPATK Agus Santoso di Jakarta, Kamis (25/10).

Hal tersebut dikatakan Agus usai pertemuannya dengan Wagub DKI Basuki Tjahaja Purnama siang tadi di Balai Kota. Agus mengaku terkesan dengan kepemimpinan Jokowi-Basuki yang terbuka.

"Mengadopsi matrix organization atau bekerja satu meja dengan staf dan memasukkan kontrol publik secara langsung melalui keberadaan teman-teman media adalah pola kerja baru di dunia birokrasi," terang dia.

Pola kerja yang mengedepankan transparansi dan akuntabilitas seperti ini, kata Agus, perlu diterapkan dalam pengelolaan keuangan Pemda DKI.

"Agar angka-angka penerimaan dan pengeluaran daerah dapat tercatat dengan baik dan setiap rupiah dapat dipertanggungjawabkan," kata dia.

Agus mengatakan, APBD DKI berjumlah triliunan rupiah. Oleh karena itu, harus dikelola dengan cermat sehingga mampu membiayai perubahan Jakarta sebagaimana visi misi Jokowi-Basuki.





Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.