Pilgub Jawa Tengah untuk Kepentingan Pemilu 2014

Selasa, Oktober 30, 2012 , 0 Comments

Daftar partai politik yang lolos mengikuti pemilu 2014


”Partai-partai besar di Jateng tidak semata menjadikan Pilgub Jateng 2013 untuk menyukseskan calon yang diusung. Mereka punya perspektif ke Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014.”

M Yulianto

Pemilihan Gubernur Jawa Tengah 2013 menjadi ajang konstelasi kepentingan partai politik untuk memperoleh suara dalam Pemilu 2014. Oleh karena itu, semua partai politik berharap siapa pun kandidat calon gubernur dan wakil gubernur yang menang dalam Pilgub Jateng bisa membagi suara bagi parpol mereka.

”Partai-partai besar di Jateng tidak semata menjadikan Pilgub Jateng 2013 untuk menyukseskan calon yang diusung. Mereka punya perspektif ke Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden 2014,” ujar pengamat politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Diponegoro, Semarang, M Yulianto, Jumat (26/10), di Semarang, Jateng.

Menurut Yulianto, DPD PDI-P Jateng melakukan penjaringan bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur. Dari 22 nama bakal calon yang terjaring, terdapat nama-nama calon yang berpeluang maju sebagai bakal calon gubernur, seperti Wakil Gubernur Jateng Rustriningsih, Sekretaris Daerah Jateng Hadi Prabowo, Bupati Klaten Sunarna, dan anggota DPR Ganjar Pranowo.

Meski hanya dua partai politik di Jateng yang berhak mengajukan nama calon gubernur tanpa berkoalisi, yaitu PDI-P dan Partai Demokrat, menurut Yulianto, hingga kini Partai Demokrat masih bersikap menunggu. Adapun Partai Golkar, PKS, dan PAN pun seolah-olah hanya membutuhkan posisi wakil gubernur.

Jawa Barat

Menghadapi pemilihan gubernur di Jawa Barat, sejumlah parpol lebih memilih para artis untuk calon gubernur ataupun wakil gubernur. ”Di Jabar, tidak cukup dukungan parpol dan dana besar saja. Butuh figur yang sudah dikenal masyarakat. Parpol tak punya sosok seperti itu untuk pilkada kali ini,” kata pengamat pemerintahan dari Universitas Parahyangan, Bandung, Asep Warlan, di Bandung, Jumat.

Partai Golkar memunculkan artis sinetron Desi Ratnasari dan musisi Ahmad Dhani. Partai Keadilan Sejahtera sempat mengajukan Deddy Mizwar. Asep mengatakan, para artis dimunculkan karena dianggap populer. Namun, ia menyayangkan karena sesungguhnya pengalaman politik dan tata pemerintahan para artis sangat minim.

Ketua Komisi Pemilihan Umum Jawa Barat Yayat Hidayat telah memetakan tiga persoalan utama Pilkada Jabar 2013, yakni penetapan daftar pemilih tetap, pemilihan waktu kampanye, dan pengamanan surat suara.

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan mengajak para pegawai negeri sipil (PNS) bersama- sama membangun kedewasaan dalam berpolitik. Ia meminta PNS tetap netral dalam pilgub mendatang. ”Mudah-mudahan tak ada penyakit demokrasi di Jabar,” ujar Heryawan.





Editor: Gurun Ismalia
Sumber :
Kompas.com

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.