Pak Jokowi, Jangan Gusur Rumah Kami Ya...

Sabtu, Oktober 27, 2012 0 Comments


Gebrakan 100 Hari Jokowi Basuki #12
Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo berdialog dengan pedagang di Pasar Abdul Gani, Jalan Abdul Gani Galur, Jakarta Pusat, Rabu (24/10/2012). Kedatangan Jokowi untuk meninjau dan mendengarkan keluhan para pedagang yang berjualan di pasar tersebut.
Makanya saya selalu turun lapangan, biar tahu dan lihat baru bikin pemetaan masalahnya. Belum ada keputusan, ini masih pemetaan masalah. Seandainya digusur pun, yang ada di sini mau dikemanakan
- Joko Widodo

Setelah melakukan inspeksi mendadak di Kantor Pemadam Kebakaran Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Gubernur DKI Joko Widodo mendatangi Terminal Lebak Bulus dan Stadion Sepak Bola yang kebetulan berdekatan. Sontak kehadiran pria yang akrab disapa Jokowi ini menjadi tontonan menarik warga di sekitar terminal.

Ada yang unik dalam kunjungannya kali  ini. Tidak seperti biasanya, seorang pejabat diapit regu keamanan, kedatangan Jokowi, hanya diapit dua orang petugas Dinas Perhubungan. Spontan, petugas parkir pun mengambil tugas mengatur lalu lintas yang tersendat oleh kerumunan warga yang ingin mendekati Sang Gubernur.

Saat berjalan mengitari terminal dan stadion pun, Jokowi hanya diapit oleh pengawal dadakan, yakni beberapa anak muda yang berusaha mengawal Jokowi agar tidak terhimpit di tengah massa yang berusaha mendekatinya.
"Jangan gusur rumah kami ya, Pak," kata beberapa warga.

Mereka mengungkapkan aspirasi tersebut terkait selebaran yang pernah disebarkan di sekitar terminal bahwa, stadion, terminal bus dan rumah warga di sekitar daerah tersebut akan digusur untuk pembangunan MRT.

Menanggapi pertanyaan warga tentang ancaman penggusuran tersebut, Jokowi mengatakan, hal tersebut tidak benar. Sebab, rancangan MRT belum rampung. "Siapa yang nulis gitu? Bukan saya," katanya.

Jokowi meninjau kedua fasilitas publik ini terkait rencana pembangunan moda transportasi massal berbasis rel, yaitu mass rapid transit (MRT) di Jakarta. Dalam pemetaan sementara, diperkirakan MRT akan melintasi area dua fasilitas tersebut.

"Makanya saya selalu turun lapangan, biar tahu dan lihat baru bikin pemetaan masalahnya. Belum ada keputusan, ini masih pemetaan masalah. Seandainya digusur pun, yang ada di sini mau dikemanakan," kata Jokowi.
Tanggapan Jokowi tersebut melegakan warga yang tinggal di sekitar Stadion Lebak Bulus dan Terminal Bus Lebak Bulus. "Kiraiin bapa yang nyuruh gusur," ujar Sumarni, yang telah 20 tahun berprofesi sebagai pedagang di sekitar Terminal Lebak Bulus.



Editor: M. Amin
Sumber : 
Kompas.com


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.