Muslim Amerika Serikat Bertambah, Umat Protestan Malah Anjlok

Rabu, Oktober 10, 2012 0 Comments

Amerika. ©2012 Merdeka.com/Shutterstock/Gary Blakeley
Sebuah penelitian menyebutkan tentang pertumbuhan agama di Amerika Serikat. Hasilnya penganut Islam meningkat 2,6 juta setiap tahunnya, umat Protestan malah anjlok dan populasinya jadi 48 persen saja. 

Surat kabar the Daily Mail melaporkan, Selasa (9/10), penelitian dilakukan Pew Forum on Religion & Public Life itu mengatakan, untuk pertama kalinya di Amerika jumlah penganut agama Kristen Protestan tidak lagi menjadi mayoritas. Hal ini terjadi lantaran meningkatnya penganut ateis.

Penelitian dari The Pew itu menyebutkan jumlah penganut ateis meningkat lima persen dalam lima tahun terakhir. Survei ini dilakukan sepanjang Juni-Juli tahun ini dan melibatkan tiga ribu responden.

Meski kategori yang masuk dalam penelitian itu mencakup penganut ateis namun mayoritas juga mengatakan mereka masih percaya Tuhan. Warga yang masih melakukan ibadah ritual sehari-hari menyebut dirinya kaum spiritualis ketimbang kaum beriman.

Angka kaum ateis ini juga meningkat dalam jumlah pemilih pada pemilihan presiden Amerika mendatang. Para pendukung Partai Demokrat yang mengaku ateis bertambah menjadi 24 persen. Lima tahun lalu, lebih dari setengah penduduk Amerika mengatakan masih menjadi bagian dari tradisi keagamaan. Tahun ini angka itu menurun sepuluh persen. "Dari penelitian ini bisa terlihat stigma terhadap anggota komunitas keagamaan telah menurun," kata John Green, ahli bidang agama dan politik dari Universitas Akron yang menjadi penasihat dalam survei The Pew.






Sumber: Merdeka
Editor: Gurun Ismalia

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.