Mewahnya Hotel Hilton, tempat menginap Menag dan rombongan

Kamis, Oktober 25, 2012 , 0 Comments

Mewahnya Hotel Hilton, tempat menginap Menag dan rombongan
pemandangan di hotel hilton mengarah ke masjidil haram. ©2012 Merdeka.com

Dengan tipe Presidential Suite, Anda harus membayar sebesar Rp 17.753.776 per malam. Apabila menjalankan perjalanan religius, Anda akan mendapat Special Rate dengan harga Rp 13.411.125, termasuk pajak, dan sarapan pagi.
Keberangkatan Menteri Agama Suryadharma Ali membawa rombongan 34 orang berisi keluarga, kerabat, dan koleganya ke Tanah Suci menuai kontroversi. Banyak pihak mempertanyakan, mengapa Menag selaku amirul haj membawa rombongan sebanyak itu.

Sorotan tidak hanya jumlah rombongan, tempat menginap mereka juga menjadi pertanyaan. Selama di Mekkah, Menag dan rombongan menginap di hotel mewah bintang lima, Hotel Hilton.

Jika menengok ke fasilitas dan tempat Hotel Hilton, tidak semua orang bisa menempati hotel wah itu. Apalagi di musim jemaah haji seperti ini. Harganya cukup tinggi.

Hotel Hilton ini terletak tepat di jantung kota Mekkah yang menjadikannya sebagai hotel prestisius. Dengan lokasinya tepat di pusat kota, posisinya tepat menghadap langsung ke Masjidil Haram, Menara Abraj Al Bait, dan Kabah. Selain itu, hotel ini juga dekat dengan situs-situs suci Islam seperti Gua Hira yang dapat ditempuh dengan menaiki 600 anak tangga Gunung Jabal Al Nur.

Untuk memanjakan para pengunjung, di dalam Mekkah Hotel Hilton terdapat 450 toko dan restoran ternama. Hotel ini juga menyediakan ruangan yang mampu menampung 300 orang dalam sebuah pertemuan.

Sementara untuk sewa kamar hotel, ada kelasnya. Dari beberapa harga sewa kamar hotel per malam, Guest Room dengan tipe King Hilton Guest Room merupakan harga sewa paling murah. Untuk bisa menginap semalam kamar tipe ini, Anda harus merogoh kocek sebesar Rp 1.532.700 per malam. Harga sewa tersebut sudah termasuk sarapan pagi. fasilitas yang ditawarkan berupa TV 21 inchi, telepon dan voice mail, kulkas mini, sofa dan kamar mandi mewah.

Dengan harga sewa Rp 9.579.375 per malam, Anda sudah bisa menginap di Penta Suite. Harga sewa ini sudah termasuk dengan sarapan pagi dan fasilitas pendukung seperti plasma TV, jacuzzi dan 3 jet body shower. Berbeda dengan King Hilton Guest Room yang hanya memiliki satu lantai, tipe Presidential Suite memiliki dua lantai dengan ruang tamu dan ruang makan yang menghadap langsung ke Kabah.

Untuk harga sewa kamar hotel yang paling mahal di Mekkah Hotel Hilton ditempati oleh kelas Suite. Dengan tipe Presidential Suite, Anda harus membayar sebesar Rp 17.753.776 per malam. Apabila menjalankan perjalanan religius, Anda akan mendapat Special Rate dengan harga Rp 13.411.125, termasuk pajak, dan sarapan pagi.

Saat merdeka.com mengkonfirmasi, resepsionis Hotel Hilton di Mekkah membenarkan ada rombongan menteri dari Indonesia menginap di sana. Tetapi mereka tidak menjelaskan detail menteri dan rombongan menginap di kelas mana.

Saat mengecek ketersediaan kamar hotel, untuk sekarang ini semua kamar di "Makkah Hotel Hilton" sudah penuh terpesan selama bulan Oktober, dan baru tersedia pada tanggal 5 oktober.

Menurut hitung-hitungan Koordinator Investigasi dan Advokasi FITRA, Uchok Sky Khadafi, selama 7 hari di Tanah Suci, rombongan tersebut telah menghabiskan Rp 2,3 miliar.

"Selama 7 hari saja sudah menghabiskan sebesar Rp 2,3 miliar. Jika keberangkatan Menteri Agama bersama rombongan dengan jumlah 34 orang ke Saudi Arabia memakai APBN sangat merugikan alokasi anggaran negara," jelas Uchok.

Uchok membeberkan, kalau memakai asumsi dengan standar biaya pemerintah tahun 2012 atau PMK No 84/PMK.02/2011, keberangkatan Menteri Agama dengan 34 rombongan sudah menghabiskan anggaran sebesar Rp 2.310.525.000 selama 7 hari.

Padahal hal itu belum dihitung anggaran menginap di Hotel Hilton. Rombongan menteri dikabarkan berangkat tanggal 17 Oktober, tepat satu pekan kemarin.
Salah satu orang yang ikut rombongan Menag, Anggota Komisi X DPR Fraksi PPP Reni Marlinawati mengakui keberangkatannya ke Mekkah tidak menggunakan uang negara. Dia bersama rombongan lain menggunakan agen travel Al Amin.
"Persisnya saya rombongan Al Amin (agen travel), tapi jadwal keberangkatannya sama dengan amirul haj (Menag)," ujarnya.

Editor: Fatimah Azizah
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.