Membangun Kepercayaan

Rabu, Oktober 31, 2012 , 0 Comments

Follow on twitter @wahyudisudiyono

Kepercayaan adalah faktor penting dalam hubungan pribadi dan profesional. Penulis menyebut kepercayaan sebagai “perekat pengikut dan pemimpin”. Kepercayaan melibatkan akuntabilitas, dan keadaan dapat diperkirakan serta dipercaya. 

Pengikut ingin percaya dan mempercayai pemimpin mereka. Mereka ingin berkata, “Kelak saya ingin jadi seperti dia”. Orang harus percaya pada Anda terlebih dahulu sebelum mengikuti kepemimpinan Anda.

Kepercayaan harus dibangun hari demi hari. Itulah konsistensi. Pemimpin bisa mengkhianati kepercayaan dengan: tidak tepat janji, ber-gosip, tidak transparan, dan bermuka dua. Semua itu menghancurkan kepercayaan yang dibutuhkan bagi pertumbuhannya. Dengan begitu ia harus bekerja dua kali lebih keras untuk mendapatkannya kembali.

Orang tidak mau mengikuti pemimpin yang tidak dipercayai. Pemimpin bertanggung jawab mengembangkan kepercayaan terhadap dirinya secara aktif dari orang-orang sekitar, yang dibangun atas:

T - Time (waktu).
Sediakan waktu untuk mendengarkan dan memberikan umpan balik mengenai hasil kerja.

R - Respect (rasa hormat).
Tunjukkan rasa hormat Anda pada seseorang dan ia akan mengembalikannya dengan kepercayaan.

U - Unconditional Positive Regard (penghormatan tanpa syarat).
Tunjukkan penerimaan atas orang itu.

S - Sensitivity (kepekaan).
Antisipasi perasaan dan kebutuhan pemimpin potensial.

T - Touch (sentuhan).
Berikan dorongan - jabat tangan, saling memberi selamat dengan saling menepuk telapak tangan, atau dengan tepukan di punggung.

Begitu orang memercayai pemimpin mereka sebagai seorang pribadi, mereka akan menaruh kepercayaan terhadap kepemimpinannya.



AMBILLAH TANGGUNG JAWAB UNTUK MENDAPATKAN KEPERCAYAAN DARI PENGIKUT ANDA.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.