Komputer Bisa Membunuh Anda Pelan-pelan

Rabu, Oktober 10, 2012 , , , 0 Comments

Ilustrasi laptop. ©2012 Shutterstock/Dmitriy Shironosov

Di era teknologi yang serba maju, komputer dan gadget canggih ada di mana-mana. Orang-orang selalu betah duduk berlama-lama di depan layar komputer, laptop, tablet, atau smartphone. Pekerjaan rasanya juga mustahil diselesaikan tanpa alat elektronik canggih itu.
Namun apakah aktivitas di depan komputer itu baik bagi kesehatan? Sebab mata, punggung, leher, dan bagian tubuh lain seolah dipaksa bekerja keras setiap kali Anda berada di depan layar gadget. Bisa jadi, komputer dan alat-alat elektronik canggih itu sebenarnya membunuh Anda pelan-pelan. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya seperti yang dilansir dari Health Me Upini.

1. Gangguan mata

Penggunaan komputer dalam jangka panjang mempengaruhi kesehatan mata. Sebab mata mengejang selama menatap layar kaca dalam waktu tertentu. Terutama jika Anda menolak mengistirahatkan mata.
Pada awalnya, mata mungkin hanya akan terasa kering. Namun lama-kelamaan, Anda juga bisa terancam glaukoma atau kebutaan.

2. Inflamasi

Jika Anda duduk terlalu lama sambil menatap layar komputer, ada kecenderungan tubuh mengalami radang atau inflamasi. Bagian tubuh itu adalah sekitar pergelangan tangan, siku, dan juga tendon.

3. Penyumbatan pembuluh darah

Bukan hanya mata, pembuluh darah pun akan terganggu jika Anda tidak mengistirahatkan tubuh selama menatap komputer. Pembuluh darah bagian kaki khususnya bisa tersumbat.
Jika dibiarkan, penyumbatan juga akan menyerang pembuluh darah bagian jantung dan memicu penyakit kardiovaskular.

4. Sindrom karpal

Pengulangan gerakan pada pergelangan tangan dan lamanya penggunaan jari untuk mengetik membuat lengan mengalami inflamasi. Akibatnya, Anda bisa menderita sindrom karpal.
Gejala ini diawali dengan rasa kram pada pergelangan tangan. Jika dibiarkan, kondisi akan memburuk dan Anda harus menjalani operasi untuk mengatasinya.

5. Postur tubuh buruk

Musuh utama penggunaan komputer berlebihan adalah menciptakan postur tubuh yang buruk pada Anda. Coba periksa diri sendiri di depan cermin setelah bekerja dengan komputer. Anda akan menyadarinya.
Kenapa hal ini bisa terjadi? Posisi duduk yang tidak nyaman selama berjam-jam menyebabkan nyeri pada leher, punggung, dan bahu. Postur tubuh pun terpengaruh dan membuat Anda tidak mampu tegap seperti biasanya.

6. Sirkulasi darah

Sehubungan dengan penyumbatan pembuluh darah, duduk terlalu lama di depan komputer juga membuat sirkulasi tidak lancar, khususnya pada bagian kaki.
Anda pun terancam mengidap DVT (Deep Vein Thrombosis) yang membuat kaki sakit dan bengkak akibat gumpalan pembuluh darah yang tidak lancar.

7. Nyeri

Nyeri punggung dan leher. Kedua hal itu sering dikeluhkan orang-orang yang menghabiskan waktunya di depan komputer selama seharian penuh. Nyeri tersebut jelas tidak nyaman untuk dibuat duduk, berdiri, atau berjalan.

8. Tangan sakit

Selain sindrom karpal, pergelangan tangan juga akan terasa nyeri, kaku, dan mati rasa jika Anda terus-terusan bekerja di depan layar. Maka dari itu, sempatkan diri untuk beristirahat demi menghindari kondisi ini.

9. Stres

Terakhir, terlepas dari kondisi fisik akibat komputer, alat elektonik canggih tersebut juga mempengaruhi mental Anda. Misalnya, ketika komputer tiba-tiba bermasalah di tengah pekerjaan, Anda akan langsung marah, frustasi, dan depresi.
Pada akhirnya, stres tersebut pun membuat kondisi fisik semakin buruk. Jadi, tidak berlebihan jika dikatakan bahwa komputer memang bisa membunuh Anda pelan-pelan.


Sumber: Merdeka
Editor: Mia Novilia

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.