Idul Adha Dipastikan pada 26 Oktober

Selasa, Oktober 16, 2012 0 Comments

foto
Ilustrasi
Telah menetapkan bahwa 1 Zulhijah 1433 Hijriah bertepatan hari Rabu, 17 Oktober 2012, dan Idul Adha bertepatan hari Jumat, 26 Oktober 2012.

[Nasaruddin Umar]

Sidang Isbat memutuskan bahwa 1 Zulhijah jatuh pada 17 Oktober 2012 sehingga Idul Adha dirayakan pada Jumat, 26 Oktober 2012. Dalam sidang yang dipimpin Wakil Menteri Agama Nasaruddin Umar itu, tak ada peserta yang mengajukan keberatan.

"Telah menetapkan bahwa 1 Zulhijah 1433 Hijriah bertepatan hari Rabu, 17 Oktober 2012, dan Idul Adha bertepatan hari Jumat, 26 Oktober 2012," kata Nasaruddin sambil mengetukkan palunya pada Senin, 15 Oktober 2012.

Penetapan ini diambil berdasarkan hisab dan rukyat. Berdasarkan hasil perhitungan, Badan Hisab Rukyat sepakat bahwa ijtimak menjelang awal Zulhijah 1433 Hijriah jatuh pada Senin, 15 Oktober 2012. Pada hari rukyat, ketinggian hilal di seluruh wilayah Indonesia masih di bawah ufuk antara -2,44 derajat sampai -4,4s derajat. Pelaksanaan rukyat di seluruh Indonesia melaporkan bahwa hilal tidak terlihat.

Muhammadiyah telah menetapkan Idul Adha 1433 Hijriah jatuh pada Jumat, 26 Oktober 2012. Sedangkan Hari Arafah jatuh pada Kamis, 25 Oktober. Penetapan Muhammadiyah didasari penghitungan hisab.

Pemerintah akan menggunakan cara yang sama seperti saat penetapan awal Ramadan dan Syawal, yakni hisab dan rukyat. "Jadi tidak ada perbedaan antara NU dan Muhammadiyah," kata Nasaruddin.






Sumber:
 Kontan
Editor: Fatimah Azizah

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.