Angkat berat mampu kurangi risiko penyakit jantung dan diabetes

Sabtu, Oktober 27, 2012 0 Comments

Angkat berat mampu kurangi risiko penyakit jantung dan diabetes
Ilustrasi berolahraga. ©2012 Shutterstock/NotarYES

Sebuah penelitian terbaru menyebutkan ada khasiat menguntungkan bagi orang yang suka melakukan olahraga angkat berat. Peneliti tepatnya menjelaskan bahwa olahraga tersebut mampu mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.
Seperti yang dilansir dari The Daily News, peneliti dari University of North Floridamenganalisis data milikNational Health and Nutrition Examination Survey (NHANES) tahun 1999-2004. Data tersebut berisi tentang risiko kesehatan di Amerika Serikat.
Selanjutnya, peneliti menemukan sebanyak 8,8 persen dari 5.618 responden mengaku rutin melakukan olahraga angkat berat. Disebutkan pula pria lebih dua kali lebih sering mengangkat daripada wanita. Selain itu, orang yang masih muda juga lebih sering melakukan olahraga angkat berat dibandingkan dengan lansia 50 tahun ke atas.
Peneliti lantas mengukur sindrom metabolisme, risiko penyakit jantung dan diabetes seperti ukuran pinggang, kadar trigliserida, pengurangan kadar kolesterol baik, serta tekanan darah dan kadar glukosa dalam tubuh.
Terbukti, mereka yang rutin berolahraga angkat berat berkaitan dengan penurunan risiko penyakit jantung dan diabetes.
"Pelatih olahraga profesional seharusnya menyarankan olahraga angkat besi pada orang dewasa demi menjaga kesehatan metabolisme," tulis peneliti Peter M. Magyari dan James R. Churilla dalam Journal of Strength and Conditioning Research.
Sebelumnya, ada juga penelitian pada awal bulan ini dari Bispebjerg University Hospital di Denmark. Peneliti di sana menyebutkan jalan-jalan selama 30 menit setiap hari juga mampu menurunkan risiko penyakit jantung dan diabetes.
Apapun penelitian yang dilakukan, terbukti bahwa olahraga memang baik bagi tubuh dan mampu mencegah Anda dari berbagai penyakit. Jadi, jangan malas berolahraga ya!

Editor: Mia Novilia
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.