Cegah Stroke dengan Tomat

Kamis, Oktober 18, 2012 0 Comments

Ilustrasi Tomat @2012 Ken-Zoo

Studi yang melibatkan 1.031 koresponden itu menunjukkan bahwa mereka yang memiliki lycopene paling banyak dalam aliran darahnya akan lebih tangguh mencegah serangan stroke.

Dengan rajin mengkonsumsi tomat, ternyata kita bisa mencegah serangan stroke yang bisa berdampak sangat fatal, demikian dikutip dari hasil riset para peneliti di Finlandia.

Para peneliti menyelidiki dampak yang ditimbulkan oleh unsur kimia lycopene yang berwarna merah cerah di tomat, merica, dan semangka.

Studi yang melibatkan 1.031 koresponden itu menunjukkan bahwa mereka yang memiliki lycopene paling banyak dalam aliran darahnya akan lebih tangguh mencegah serangan stroke, 
sebagaimana dikutip dari Antaranews.

Sementara itu Asosiasi Stroke meminta agar hasil penelitian ini ditindaklanjuti dengan penelitian yang lebih mendetil soal dampak lycopene terhadap pencegahan stroke.

Berdasarkan penelitian yang hasilnya dipublikasikan oleh BBC para pria yang menjadi responden dipantau kadar lycopenenya dalam darah selama 12 tahun. 

Grup pertama adalah mereka yang kadar lycopenenya rendah. Ada 25 kasus stroke dari 258 di grup ini.

Grup kedua adalah pria yang kadar lycopenennya tinggi, ternyata hanya 11 orang dari 259 responden yang mengalami stroke.

Para peneliti pun berkesimpulan bahwa konsumsi buah-buahan yang tinggi kandungan lycopene bisa menekan resiko terserang stroke hingga 50 persen.






Redaktur: Mia Novilia

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.