6 Cara berhenti kerja dengan terhormat

Kamis, Oktober 25, 2012 0 Comments

6 Cara berhenti kerja dengan terhormat
Ilustrasi karir. ©2012 Merdeka.com
Berencana untuk pindah kerja? Anda mungkin merasa dilema, ketika bermaksud mengutarakannya kepada atasan. 

Namun, ada hal penting yang harus Anda ingat. Perusahaan telah menerima dan menggaji Anda dengan baik. Bila akhirnya Anda harus pindah kerja, katakan niat itu dengan penuh rasa hormat. Berikut adalah enam cara terbaik untuk berhenti kerja dengan terhormat, seperti dilansir Lifescript.com. 

1. Lakukan pemberitahuan dini

Perusahaan tentu butuh waktu untuk menemukan pengganti Anda. Jadi, sampaikan maksud kepindahan Anda lebih dini kepada atasan sehingga ia bisa mencari pengganti untuk perusahaan. Ketika perusahaan sudah menemukan orang yang tepat, Anda pun bisa sedikit mengajarinya tentang jobdesk di kantor. Dengan kata lain, Anda telah menunjukkan sikap profesional dalam bekerja.

2. Memberi tahu teman sekantor

Hal terbaik yang dapat Anda lakukan untuk menjaga hubungan sosial di kantor tetap sehat adalah dengan berbicara pada rekan kerja mengenai maksud kepindahan Anda. Bersikap terbuka, jujur, dan bersedia untuk menjelaskan setidaknya beberapa alasan kepada mereka mengapa Anda berhenti bekerja.

3. Tinggalkan kesan positif dalam pekerjaan

Anda mungkin mulai tergoda pada aspek-aspek negatif dari pekerjaan Anda saat ini. Namun, jangan biarkan pekerjaan lama Anda terganggu. Anda pasti mendapatkan keuntungan lebih dengan mempertahankan sikap positif selama hari-hari terakhir kerja. Tinggalkan kesan positif dalam pekerjaan!

4. Pesta perpisahan

Rekan kerja Anda mungkin ingin merayakan kepergian Anda dengan mengadakan pesta. Jika Anda cenderung menghindari perhatian tersebut, anggap saja kesempatan ini untuk membalas niat baik mereka. Gunakan momen ini untuk benar-benar mengucapkan selamat tinggal pada mereka.

5. Mengorganisir diri

Salah satu hal paling penting yang dapat Anda lakukan adalah dengan memastikan Anda telah benar-benar mengorganisir kepindahan Anda. Hal ini berguna untuk memastikan bahwa semuanya sudah berjalan dengan baik.

6. Lunasi kesalahan Anda

Perasaan bersalah terlintas begitu saja ketika Anda hendak pindah kerja. Rekan Anda mungkin menganggap kepergian Anda sebagai sikap negatif yang tidak setia pada perusahaan. Hal ini tidak benar. Ini hanyalah bagian dari kehidupan. Selalu ada yang datang dan pergi. Alih-alih merasa bersalah meninggalkan pekerjaan Anda saat ini, Anda sepatutnya merasa bangga dengan pencapaian Anda.

Perusahaan menerima dan memberikan hak Anda dengan adil. Begitu pula dengan Anda. Sebagai karyawan yang baik, tunjukkan bahwa Anda juga menghormati apa yang diberikan perusahaan. Tinggalkan kesan positif ketika Anda berhenti bekerja. Selain terlihat lebih profesional, Anda tentu akan merasa lebih tenang.





Editor: Sindy Maurina
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.