3 Kunci Sukses Keripik Pedas Maicih

Jumat, Oktober 12, 2012 0 Comments

reza_maicih
Reza Nurhilman. @2012 VIVAnews
Banyak orang membuat keripik pedas yang sama. Kemasannya pun tak jauh berbeda satu sama lain. Namun, mengapa hanyakeripik pedas Maicihyang seakan banyak dikenal oleh berbagai kalangan? 

Reza Nurhilman adalah seorang anak muda dengan jiwa entrepreneurship yang tinggi. Naluri bisnisnya bangkit saat ia bertemu seorang nenek yang memunyai resep keripik dari bahan singkong yang rasa pedasnya di atas batas wajar.

Bulan Juni 2010, Reza memutuskan untuk mengambil alih dan mengelola home industry milik si nenek. Kemudian di awal 2011, pengusaha muda kelahiran 25 tahun lalu ini menempuh langkah serius untuk berbisnis keripik pedas dengan mendirikan CV 29 Synergi di kota Bandung.

Jika Anda amati secara sekilas, mungkin terkesan mudah untuk mempromosikan produk makanan ringan ini di jejaring sosial Twitter. Dengan satu kali tweet, Reza bisa membuat banyak orang berbondong-bondong membeli produknya. Namun di balik semua kesuksesan yang terkesan instan tersebut, ia juga bekerja keras untuk menerapkan 3 poin yang krusial dalam pengmbangan bisnisnya. Apa saja poin yang menjadi kunci sukses bisnis makanan ringan ini? Berikut uraian singkatnya.

Eksklusivitas
Suatu produk baru bisa disebut eksklusif biasanya saat ia cuma bisa diperoleh di tempat-tempat tertentu. Inilah yang diterapkan oleh Reza dalam menjual keripiknya. Ia dengan sengaja tidak memajang keripik pedas produksinya di gerai-gerai yang bisa dikunjungi masyarakat luas.

Justru ia membuat produknya demikian eksklusif sehingga orang makin ingin tahu dengan menjualnya pada sejumlah reseller yang ia sebut “jendral”. Para jendral ini tidak menjajakan keripik pedas di tempat-tempat yang mapan tetapi berkeliling dengan berbekal mobil. Teknik penjualan bergerak seperti ini makin memicu keingintahuan konsumen potensial karena lokasi penjualan keripik pedas Maicih berubah-ubah setiap hari. Dan untuk itu, akun Twitter resmi Maicih di @infomaicih memberikan informasi real time mengenai lokasi-lokasi penjualan.


Keterbukaan 
Satu lagi kunci sukses keripik pedas Maicih ialah penerapan prinsip keterbukaan saat berhadapan dengan konsumennya. Dengan menggunakan Twitter, Reza tak perlu menganggarkan biaya promosi yang tinggi. Yang terpenting pula, ia bisa berinteraksi langsung dengan para konsumen produknya serta menerima masukan apapun dari mereka.

Keterbukaan seperti inilah yang menjadi kekuatan bagi usaha kecil seperti keripik pedas Maicih. Tak semua perusahaan bisa dengan baik menerapkan poin satu ini. Apalagi jika perusahaan itu sudah berskala besar.

Kreativitas
Keripik pedas bukan satu jenis produk yang amat sukar untuk dibuat dan ditiru orang. Bahan baku bisa didapat dengan mudah. Cara pengolahan juga bisa direka dengan bereksperimen agar rasa dan tampilannya sama. Intinya, semua orang bisa membuatnya jika mereka mau.

Karena itulah, Reza harus menggunakan kreativitasnya agar produk yang biasa-biasa saja dan mudah sekali ditiru itu menjadi unik, tiada duanya di pasar dan menonjol dibandingkan produk sejenis.

Akhirnya ia pun  menggunakan sistem level untuk menunjukkan tingkat rasa pedas keripiknya. Dan sistem level itu menjadi daya pembeda yang kreatif dan efektif. 



Sumber : VIVAnews
Editor: Yudi Dwi Ardian  

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.