15 Kampung ditata Jokowi jadi superkampung dan kampung deret

Senin, Oktober 29, 2012 0 Comments

GEBRAKAN 100 HARI JOKOWI BASUKI #14

15 Kampung ditata Jokowi jadi superkampung dan kampung deret
Jokowi Kunjungi Pademangan. ©2012 Merdeka.com/imam buhori
"Ke-15 kampung kumuh setelah ditata akan memiliki kekhususan dibanding kampung lainnya di Jakarta." 

- Joko Widodo

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo kembali menggebrak dengan rencana menata kampung kumuh. Sebanyak 15 kampung kumuh atau tidak layak huni akan mulai ditata. Saat ini baru tercatat ada sembilan kampung yang sudah didata.

"Ke-15 kampung kumuh setelah ditata akan memiliki kekhususan dibanding kampung lainnya di Jakarta," kata Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo di Jakarta, Senin (29/10).

Hingga saat ini sebanyak 9 dari 15 kampung kumuh telah didata untuk diusulkan dalam program penataan kampung oleh sejumlah instansi terkait.

Dia mengatakan, penataan ke-15 kampung difokuskan khususnya pemukiman yang dinyatakan tidak layak.

Kesembilan kampung yang diusulkan untuk masuk dalam program penataan di antaranya Penjaringan, Kebon Kacang, Tomang, Pulogebang, Kebon Sirih, Rawa Jati, Tegal Parang, Poncol, dan Karet.

"Saya tidak serta merta menyetujui usulan yang telah disampaikan oleh sejumlah dinas terhadap sembilan nama kampung tersebut," katanya.

Jokowi berkeinginan melihat dan menilai langsung kondisi sembilan kampung yang diusulkan ke dalam program penataan. "Saya tidak menghendaki kampung yang masih layak dan bagus malahan terdata, Sedangkan kampung kumuh di Jakarta terlewatkan untuk ditata ulang," katanya.

Ia mencontohkan, dari sembilan kampung telah diusulkan masuk program penataan, ternyata kampung Karet masih dalam kondisi layak huni.

"Jadi penataan di kampung Karet belum perlu dilakukan. Kita akan cari kampung lain pengganti Karet," katanya.

Jokowi menambahkan, program penataan kampung yang dicanangkan oleh Pemprov DKI terbagi menjadi beberapa kategori, yakni superkampung, kampung deret, kampung vertikal atau rumah susun.

"Di setiap kampung tersebut akan dibuatkan komunal septic tank, sanitasi, ruang terbuka hijau, ruang publik dan perpustakaan," katanya.





Editor: M. Amin
Sumber : 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.