10 Cara Merilis dan Mempromosikan Produk Melalui Social Media

Ilustrasi

Merilis sebuah produk menggunakan social media membutuhkan banyak platform yang berbeda yang nantinya akan mempermudah Anda  untuk membagikan pesan kepada orang lain dalam social media sehingga setiap orang akan mengenal brand Anda.
Mempromosikan, memasarkan dan merilis produk apapun biasanya membutuhkan budget yang besar untuk masuk dalam iklan TV atau biaya media massa yang sangat mahal dan itu semua membutuhkan jutaan dolar.
Dibawah ini studi kasus Guy Kawasaki merilis dan mempromosikan bukunya “Enchantment The Art Of Changing Hearts,Minds and Actions” dan bagaimana dia menggunakan berbagai macam strategi channel social media marketing dan taktik yang bisa diterapkan oleh Anda.
Pendekatan ini yang merupakan bagian dari campaign yang bisa diterapkan oleh siapa saja dengan cara yang benar dan sumber daya yang cukup. Dengan cara ini Anda hanya membutuhkan biaya marketing yang cukup besar  pada tips ke enam dan tips ke tujuh.
Guy Kawasaki adalah Venture Capital dari Silicon Valley – Garage, Technology Ventures, dia juga blogger yang juga dikenal melalui RSS Agregatornya Alltop
Dia terlibat dalam launching dan marketing Apple Mcintosh dalam 1984 dan dia juga telah menulis 10 buku termasuk Enchantment yang merupakan buku terakhirnya.
Dibawah ini cara – cara yang digunakan Guy Kawasaki dalam merilis bukunya tersebut :
Ilustrasi
1. Facebook
Fan page facebook dibuat khusus untuk launching bukunya tersebut dan tujuan utamanya adalah untuk menyediakan situs komunitas pada facebook yang merupakan social network terbesar di dunia yang bisa menciptakan sebuah movement lalu men-share cerita tentang buku ini ke semua orang. Untuk membangun fan base dia memberikan buku gratis agar orang akan memberikan like pada facebook pagenya. Dalam kasus ini dia juga menggunakan cara yang sama dalam laucnhing buku pertamanya MacIntosh Way.
Tujuan Utama : Memberikan hadiah berupa buku gratis bagi  orang yang memberikan ‘like’ untuk membangun fan base.
Biaya : sekitar 2700 dolar.
Ilustrasi
2.Website dan Blog
Dia menyadari setelah 2 bulan Facebook memang cukup ampuh untuk memberikan efek tetapi ruang geraknya terbatas sehingga membutuhkan sebuah website yang dia miliki yang tidak terkendala oleh peraturan Facebook. Dia membuat sebuah situs yang menjadi situs official.
Tujuan Utama : mempermudah para reviewer buku untuk mendapatkan informasi dan gambar yang dibutuhkan untuk mereview buku.
Biaya : Sekitar 4000 dolar
3. Review Buku oleh Blogger lain dan para influencer
Membangun komunitas sebelum dirilis menjadi kebutuhan nyata dan melalui aksesnya pada database Alltop 20.000 blogger dia bisa memberikan buku gratis untuk di review kepada 20.000 database blogger yang dimilikinya dan dari situ dia mendapatkan banyak orang-orang yang tertarik pada bukunya. Dia menggunakan eCairn untuk menggerakkan social media dan menggerakkan para blogger di luar dari database blogger yang dimilikinya. Dari 20,000 database ini, hasilnya :
- 1300 meminta dikirimkan copy bukunya
- 150 interview
- 200 review
Semua review ditampilkan pada website mereka sehingga semua orang bisa membaca review tersebut dan dia akan memberikan ucapan terima kasih.
Tujuan Utama : Menyediakan pihak ketiga yang mempunyai kredibilitas dan social proof yang tersebar di mana – mana.
Biaya : 16000 dolar (tetapi ini ditanggung oleh percetakan)
4. Email
Social media yang merupakan “mainan baru” bagi para marketer tentu bukan satu-satunya alat yang ia gunakan, tetapi dia juga mengirimkan email kepada 160.000 email (130.000 yang didapatkan selama 30 tahun termasuk melalui blog dan website). Hasilnya  :
- 30.000 tambahan email dari AlwaysOn
- 3.75% klik tambahan
Tujuan utama : Sangat penting untuk membangun database marketing berupa email sebelum merilis produk dan database tersebut juga bisa digunakan sebagai aset untuk launching selanjutnya.
Biaya : sekitar 4500 dolar untuk pembangunan database dan 1000 dolar per bulan (diizinkan selama 3 bulan) untuk email campaign (total 7500 dolar)
5. Iklan Banner
Dia melakukan 6 minggu campaign melalu Google Adwords, Facebook Ads dan Twitter (melalui Promoted Tweets). Google Adwords dan Facebook ads cukup mudah untuk dilakukan sendiri.
Tujuan Utama : Mendapatkan akses kepada pembeli potensial di luar ruang lingkup influencenya dan menggunakan Google dan Facebook untuk menargetkan pembeli yang tepat.
Biaya :  sekitar 2000 – 3000 dolar
Ilustrasi
6. Kontes Foto
Setiap orang suka mengikuti kontes dan kontes bekerja dengan sangat baik di Social Media. Dia menawarkan 5 kamera dan satu Apple iPad. Dia mengadakan kontesnya di Facebook.
Hasilnya :
- 1150 entri
- 3500 kunjungan
- 70000 entry view
Tujuan Utama : Membangun buzz
Biaya : sekitar 6000 dolar (Harga aplikasi 2000 dolar dan hadiah 4000 dolar)
Tujuan Utama : Mulailah membentuk fan base sebelum Anda menulis buku atau produk sehingga ketika Anda merilisnya Anda sudah memiliki fan base yang siap untuk dijual dan disebarkan pesan dari Anda jika di dalam Facebook,Twitter, atau Blog. Guy menggunakan blog,website dan social media community pada Alltop sebagai platform utama untuk pemasarannya produknya.
Ilustrasi
7. Kuis
Dia membuat kuis yang berisi pertanyaan di dalam bukunya dan dilakukan secara online dan dibuat pada 2 channel (facebook dan websitenya). Hasil yang mengejutkannya adalah hasil kuis di website lebih ramai dibandingkan di facebook.
- 700 mengikuti kuis di Facebook
- 2900 mengikuti kuis di website official
Dia menggunakan Wildfire yang mengenakan biaya 400 dolar per bulan untuk membuat kuis sendiri dan menggunakan Electric Pulp untuk membuat kuis versi website (3000 dolar)
 Tujuan Utama : Membuat sebuah “movement” dan membuat lebih banyak buzz.
Biaya : sekitar 5000 dolar

Ilustrasi
8. Infografik
Popularitas infographic yang bisa dimasukkan ke dalam website dari para blogger. Dia menggunakan Column Five untuk membentuk gambar yang menyediakan gambaran dari bukunya dalam satu gambar.
Tujuan Utama : menyediakan sebuah “media massa” yang bisa menjadi viral
Biaya : sekitar 2000 dolar.

9. Power Point
Dia membuat presentasi power point yang bisa digunakan dalam key note presentation tetapi juga dipublish ke slideshare, menyebarkan brand nya dan menciptakan buzz.
Hasilnya :
- View lebih dari 40.000 kali
- Favorit lebih dari 180 kali
- Embedded lebih dari 90 website
- Retweet 81 kali
- Shared on Facebook 126 kali
Tujuan Utama : Menempatkannya di Slideshare untuk memudahkan orang dalam penempatan di website mereka dan dibagikan ke orang lain.
Biaya : Sekitar 3600 dolar

10. Slideshow di YouTube
Terima kasih merupakan kata yang singkat tetapi memberikan dampak yang begitu besar dan cara mengatakan terima kasih kepada semua perusahaan dan orang yang terlibat dalam launching buku dan promosi. Dia membuat slideshow di youtube. Mereka menggunakan Animoto untuk membuat slideshow.
Tujuan Utama : menyediakan konten digital yang bisa disebarkan secara luas dan dengan biaya minimum yang bisa dibagikan kepada banyak pihak yang bisa disebutkan.
Biaya : sekitar 1000 dolar untuk desain dan 50 dolar per bulan untuk software (edisi profesional)

Total Biaya : sekitar 50.000 dolar
(termasuk : USD 16,000 buku dari percetakan dan USD 34,000 dari Guy)
Biaya ini bisa dikurangi dengan signifikan apabila Anda melakukannya sendiri dan hanya fokus pada chanel yang memberikan efek paling besar.
Kebutuhan utama adalah Anda perlu membangun sebuah komunitas sebelum Anda merilis produk atau buku Anda. Guy Kawasaki telah bekerja puluhan tahun untuk membangun komunitas dan ukuran komunitasnya adalah :
- Twitter : 351.000 follower
- Email subscribers : 130.000
- Blogger : 20.000
- Facebook : 52.000
Apakah Anda sudah memulai pembangunan komunitas?
Studi kasus ini berasal dari artikel Guy dalam launching bukunya di Mashable.

Sumber : Upcomingentrepreneur
Editor: Gery DM

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.