Penulis: Media Sosial Jadi Kunci Kemenangan Jokowi

Minggu, September 02, 2012 0 Comments

BUKU Jokowi: Politik Tanpa Pencitraan 

Keunggulan Jokowi, semua orang atau relawan bisa membuat dan mengkampanyekan melalui media sosial. Berbeda dengan Foke.
Putaran kedua Pilgub DKI akan digelar 20 September 2012 nanti. Bagaimana kans Foke dan Jokowi pada putaran kedua nanti?
Ajianto Dwi Nugroho, penulis buku "Jokowi: Politik Tanpa Pencitraan" memperkirakan pasangan Jokowi-Ahok akan tetap menggungguli Foke-Nara. Namun, kemenangan Jokowi-Ahok tidak sebesar pada putaran pertama lalu.
"Akan tetap menang tapi kemenangannya tipis," ujarnya dalam acara Diskusi dan Bedah Buku "Jokowi: Politik Tanpa Pencitraan" yang diselenggarakan The Wisdom Institute yang rencananya akan diadakan di Newseum Cafe Jl Veteran I No 21 Jakarta, Sabtu (1/9/2012).
Ia memperkirakan pasangan Jokowi-Ahok akan menang tidak terlalu besar, yakni sekitar 58 sampai 60-an persen.
Menurutnya, kekuatan Jokowi-Ahok berada pada media dan media sosial. Khusus di media sosial hal ini sangatlah kentara bagaimana peran relawan yang menjamur untuk membela Jokowi-Ahok terhadap "serangan" yang menghantam.
"Bagaimana Jokowi tanpa dia minta kepada tim relawan dan partainya. Dia sangat diuntungkan media, dan media sosial," jelasnya.
Berdasarkan analisanya, dalam pembuatan bukunya, ia melihat keuntungan dari pemberitaan media, yang selalu melihat dan memberitakan sisi positif daripada negatif. Hal ini sebaliknya dengan pasangan Foke-Nara.
Meskipun usai putaran pertama,
Foke sekarang mencoba merubah citranya kepada media. Berusaha ramah. "Tapi kita bisa lihat. Peliputan Foke, sentimen negatif di media tetap negatif. Begitu juga dengan akun media sosial," terangnya.
"Keuanggulan Jokowi, semua orang atau relawan bisa membuat dan mengkampanyekan melalui media sosial. Berbeda dengan Foke," ujarnya.
Ditegaskannya, di sosial media, tanpa dikomando ketika ada isu, tim relawan Jokowi langsung bergerak di media sosial. "Ini kekuatan yang dipunya hanya di Jokowi. Tidak dimiliki pada Foke."
"Media sosial adalah kunci kemenangan Jokowi-Ahok," paparnya sembari mengatakan kekuatan media, sebagai salah satu yang mendukung dan memberikan kemenangan buat Jokowi.



Editor: Yudi Dwi Ardian
Sumber: Tribunnews

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.