Penulis: Fenomena Jokowi Seperti SBY

Minggu, September 02, 2012 0 Comments



Fenomena ini persis seperti fenomena SBY.
Ajianto Dwi Nugroho, penulis buku "Jokowi: Politik Tanpa Pencitraan" menilai banyaknya suara kepada Jokowi-Basuki bukan karena partai yang mengusung keduanya.
Melainkan, berdasarkan penelusurannya selama pembuatan buku, masyarakat Jakarta tidak melihat partai apa yang mengusung keduanya untuk ikut dalam pertarungan Pemilu Kada DKI.
"Fenomena ini persis seperti fenomena SBY," ungkapnya kepada Tribunnews.com usai acara Diskusi dan Bedah Buku "Jokowi: Politik Tanpa Pencitraan" yang diselenggarakan The Wisdom Institute yang rencananya akan diadakan di Newseum Cafe Jl Veteran I No 21 Jakarta, Sabtu (1/9/2012).
Ditegaskan, masyarakat DKI tidak lagi melihat sosok pimpinan yang dipilih dari sisi partai. Tapi lebih pada sosok cagub. Masyarakat menilai sesuai dengan kerinduan terhadao calon pemimpin DKI menjadi lebih baik.
Fakta ini terlihat jelas pada suara yang masuk kepada pasangan Jokowi-Ahok berasal dari aneka kader atau simpatisan partai lain juga.
Demikian pula, saat melaju putaran kedua nanti, menurutnya meski partai-partai telah mendeklarasikan mendukung pasangan Foke-Nara, fenomena akar rumput memilih Jokowi masih tinggi.
"Itu berarti koalisi Partai itu tidak berpengaruh. Tapi yang berpengaruh itu sosok Jokowi yang fenomenal. Kekuatan rakyat yang mendukung dia itu kan bukan dari Partai-partai. Artinya pemilihnya tidak peduli dan melihat Jokowi ini dari Partai mana," paparnya.


Editor: Yudi Dwi Ardian
Sumber: Tribunnews

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.