Kemenangan Jokowi Bukti Parpol Tidak Punya Pengaruh Besar

Kamis, September 20, 2012 0 Comments

Joko Widodo menemani Ketua Umum PDI-Perjuangan Megawati Soekarnoputri, didampingi Taufiq Kiemas dan Puan Maharani, nyoblos di PTS 31, Kebagusan, Jakarta Selatan, Kamis (20/9/2012). 

Kalau ditanya kenapa kekalahannya, banyak faktornya, pertama terlihat bahwa partai hampir tidak punya pengaruh cukup besar dalam pilkada.
Wakil Direktur Eksekutif JSI Fajar S Tamin mengatakan, kemenangan pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama dalam berbagai quick count, merupakan bukti partai politik tidak memiliki pengaruh yang besar dalam Pemilukada DKI Jakarta.
"Kalau ditanya kenapa kekalahannya, banyak faktornya, pertama terlihat bahwa partai hampir tidak punya pengaruh cukup besar dalam pilkada," ujar Fajar usai merilis hasil quick count Pemilukada DKI Jakarta putaran kedua, di Hotel Sari Pan Pacific, Jakarta, Kamis (20/9/2012).
Menurut Fajar, kegagalan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli membuktikan, dukungan banyak partai tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perolehan suara.
"Terbukti, kandidat yang didukung oleh partai besar dan banyak partai, tidak banyak dampaknya," tutur Fajar.
Fajar menilai, itu terjadi karena masyarakat lebih melihat kepada sosok tokoh yang diusung, sehingga keberadaan parpol tidak terlihat besar pengaruhnya.
"Ternyata, personality lebih dinilai oleh publik, karena hasilnya lebih signifikan. Bila pengaruh partai lebih signifikan, maka pasti Foke-Nara akan menang," jelasnya.
Fajar juga melihat kegagalan pasangan Foke-Nara bisa jadi disebabkan mesin parpol yang tidak bekerja secara maksimal.
"Tapi, orang memilih berdasarkan pribadi, bukan sesuai instruksi partai. Bisa disimpulkan, partai tidak cukup berperan," paparnya. 




Editor: Yudi Dwi Ardian
Sumber: Tribunnews




Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.