Debat Jokowi-Foke Sedot Perhatian Hingga ke Inggris

Selasa, September 18, 2012 0 Comments

Ilustrasi. (Foto: Facebook/Achmad Pramukti)
Hal ini tidak terlepas sosok Jokowi dan Foke, keduanya sama-sama memiliki pengalaman memimpin daerah. Masyarakat juga disuguhkan dua sosok yang  berbeda.

Debat kandidat calon gubernur dan wakil DKI Jakarta yang disiarkan Metro TV menjadi perhatian masyarakat Indonesia yang ada di Kerajaan Inggris. 

Pengamat masalah sosial di Universitas Essex Miftahuddin mengatakan hiruk pikuk Pemilu Kada DKI jilid dua merupakan kemenangan kelompok perubahan (muda) atau status quo (tua). 

Ia menambahkan, beberapa kasus seperti korupsi, penyalahgunaan wewenang beberapa kepala daerah, anggota partai, anggota legislatif, pejabat di beberapa instansi pemerintah atau eksekutif, yudikatif membuat masyarakat menjadi melek demokrasi. 

"Kepercayaan masyarakat pada partai mengalami pergeseran kepada kepercayaan personal sebagai figur public demokrasi alternatif," ujar Miftah, kandidat PhD, student University of Essex tersebut, Selasa (18/9). 

"Hal ini tidak terlepas sosok Jokowi dan Foke, keduanya sama-sama memiliki pengalaman memimpin daerah. Masyarakat juga disuguhkan dua sosok yang  berbeda," tutur dosen Universitas Syiah Kuala,  Aceh, itu. 

Lebih lanjut Miftahuddin mengatakan Pemilu Kada putaran pertama telah membuktikan masyarakat cenderung memilih sosok perubahan dan harapan baru dengan rekam jejak nyata yaitu walikota terbaik Internasional diperoleh oleh pasangan urut tiga. 

Apalagi ditunjang dengan peran media social network seperti Facebook, Twitter, Youtube, Hi5, Myspace, BB, majalah, surat kabar, tv, radio, iklan, dan juga peran Sukarelawan segala lapisan masyarakat. 

Sementara itu pengamat masalah sosial lainnya Nizma Agustjik yang lama menetap di Inggris mengatakan jalannya acara debat kandidat cagub DKI sangat fenomenal. 

"Saya kagum dan cukup puas menyaksikan debat ini, dan yakin publik akan dapat banyak belajar dan memahami pemimpin yang seperti apa yang mereka harapkan," ujar Nizma yang aktif dalam berbagai kegiatan sosial tersebut.







Editor: Yudi Dwi Ardian
Sumber:   Media Indonesia


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.