Benahi Permukiman, Kerjasama Pertama Perumnas dan Jokowi

Sabtu, September 22, 2012 2 Comments

Program Jokowi-Basuki untuk Jakarta baru

Jokowi akan membangun kampung deret guna merelokasi warga di bantaran sungai.

Perum Perumnas akan bekerja sama dengan Pemda DKI Jakarta untuk menata permukiman di DKI Jakarta. Kerjasama tersebut akan dilakukan setelah Perumnas mengantongi peraturan pemerintah tentang perubahan status menjadi perseroan terbatas (PT) pada Oktober 2012.

"Kalau dulu kita selalu tergantung dengan Kementerian. Dengan PP, kita bisa langsung dengan pemda," kata Himawan.Direktur Utama Perumnas Himawan Arif di Jakarta, Jumat (21/9/2012), menjelaskan, selama ini perseroan mendapatkan mandat dari pemerintah untuk membangun perumahan. Dengan mengantongi peraturan pemerintah tersebut, Perumnas dapat langsung berkolaborasi dengan Pemda DKI Jakarta untuk membenahi Kota Jakarta.

Menurut dia, setelah perusahaan berubah status menjadi PT, selanjutnya perseroan akan mengajukan dokumen kepada Pemda DKI Jakarta dalam mengembangkan permukiman di Jakarta.

"Mengacu ke pengalaman kita. Kita pernah di Solo dengan mengembangkan perumahan di Solo sekaligus kita bisa berinteraksi dengan pemerintah Solo," katanya.

Rencananya, pemerintah akan membangun perumahan setelah Pemda DKI Jakarta membebaskan lahan yang akan dijadikan rumah. Gubernur DKI terpilih melalui lembaga survei, Joko Widodo atau Jokowi, dalam visinya akan membenahi permukiman di kawasan bantaran kali. Selain itu, Jokowi akan membangun kampung deret guna merelokasi warga di bantaran sungai.

Keberadaan kampung relokasi tersebut diharapkan dapat menjadi solusi pengentasan permukiman kumuh di Jakarta. Untuk program ini, warga tidak akan digusur dari lokasi mereka tersebut.








Sumber:
 Kompas
Editor: M. Amin

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.