Andai Jokowi Menang, Gebrakan Apa yang Akan Dia Lakukan?

Rabu, September 05, 2012 , 0 Comments



Jokowi adalah pemimpin yang cukup sering membuat gebrakan dan mengundang perhatian khalayak, maklum pemikiran anak muda masih fresh-freshnya dalam diri Jokowi. Coba baca tulisan saya : Jokowi Pemimpin yang Mampu Memecah Keheningan dan Menerobos dengan Gebrakan.

Jika Jokowi menang, tidak heran akan lebih banyak lagi gebrakan-gebrakan baru yang akan ia praktekkan di Ibukota negara ini. Mari kita berandai-andai kira-kira gebrakan apa yang akan Jokowi lakukan, mengingat sifat Jokowi yang ekstrim dan tidak bisa ditebak ini.

1. Akan diusahakan agar kemacetan semakin menjadi-jadi

Jalur busway dibuat pembatas beton, setiap persimpangan dibeton juga. Jadi kendaraan tidak bisa memutar balik atau belok, tujuannya untuk membuat frustasi dan macet total. Setelah kapok diharapkan warga yang membandel pakai mobil pribadi akan beralih ke kendaraan umum, ojek, dan sepeda onthel… hehehe

2. Sungai Ciliwung akan “dikerok” sampai kedalaman 5 meter dan dibeton pinggirannya. Di atas kali ciliwung dibangun perumahan susun 3 lantai.

Gorong-gorong dan parit akan diperlebar dua kali lipat sehingga saluran air menjadi lancar. Seperti operasi bypass jantung koroner *plong* dan akan dijaga oleh “polisi sampah”. Mereka yang membuang sampah sembarangan akan dikenai denda di tempat. Setelah sungai-sungai di Jakarta bersih maka bisa dijadikan sebagai sarana transportasi, bisa juga untuk tujuan wisata atau “waterway” seperti sungai-sungai di luar negeri.

3. Rumah sakit swasta dan pemerintah akan dipaksa untuk membalik keadaan, 80% kapasitas tempat tidur untuk kelas Teri (rakyat) dan 20% kelas Kakap

Sebagai gubernur DKI, Jokowi memiliki kuasa untuk mengancam rumah sakit rumah sakit di DKI agar selalu mengutamakan rakyat kecil. Bagi warga yang memegang Kartu Jakarta Sehat maka biaya RS gratis/murah (tergantung tingkat kemiskinannya). Tidak akan ada pungutan lain-lain jika Rumah Sakit masih memberikan pungutan liar maka lapor saja sama Jokowi biar yang punya RS langsung dipecat (kalau RS pemerintah), kalau RS swasta ya IMB nya dicabut..hehehe.. Gitu aja kok repot.

4. Pungutan liar di sekolah-sekolah ditiadakan kalau masih nekat kepala sekolahnya langsung dicopot

Pernah suatu ketika saat menjadi Walikota Solo, saat ada sekolah dasar negeri yang memungut uang masuk sampai Rp 1,5 juta, begitu dapat laporan dari orang tua murid, Jokowi langsung datang seorang diri naik motor dengan pakaian biasa ke sekolah itu. Setelah itu, tak ada lagi pungutan. Jokowi rupanya mengancam jika sampai ada pungutan, kepala sekolahnya akan diganti detik itu juga.

5. Pembuatan KTP selesai hanya dalam 1 jam dengan biaya Rp 5000

Jika biasanya pembuatan KTP diperlukan waktu 3 bulan tergantung setorannya. Coba lihat videonya JOKOWI DAN BASUKI - what makes you beautiful by one direction [PARODY] di situ tertulis 3 bulan asal dapat setoran..hehehe.. Begitu Jokowi memimpin DKI pembuatan KTP hanya 1 jam dan biaya restribusi Rp 5.000 seperti yang ia praktekkan di Solo. Para lurah dan camat yang protes akan langung dicopot sama Jokowi dan diganti sama lurah/camat yang mau menuruti sistemnya.

6. Menutup Mal tanpa IMB yang benar dan membangun Pasar Tradisional di Jakarta

Jika gubernur sebelumnya si Foke begitu getholnya bangun mal di Jakarta maka Jokowi kebalikannya. Jokowi lebih memilih membangun pasar tradisional daripada bangun mal. Pasar Tradisional di Solo yang kumuh dan jorok dibangun sama Jokowi jadi baru dan bersih layaknya pasar modern di Eropa. Begitu pula nanti di Jakarta nanti, akan banyak pasar tradisional yang akan dibangun Jokowi menjadi baru dan bersih. Lalu bagaimana dengan mal? Mal yang dibangun tidak memenuhi tata ruang yang benar akan ditutup paksa oleh Jokowi..hehehe.. Lihat saja di Solo, mal sangat dibatasi dan Jokowi pernah bentrok dengan Gubernur Jateng Bibit Waluyo yang ingin bangun mal tapi ditolak Jokowi karena tidak memenuhi tata ruang.

7. Jokowi tidak akan ambil gaji gubernur

Saat menjadi walikota Solo selama 2 periode, Jokowi belum pernah sekalipun mengambil gajinya. Mungkin saat menjadi gubernur, Jokowi tetap mempertahankan tradisi lamanya yaitu bekerja sepenuh hati untuk rakyat tanpa mengharap imbalan (gaji). Kenapa Jokowi menolak digaji, nanti Jokowi sama anak istri makan apa? Eeh jangan salah bro, Jokowi bukan orang miskin, dia punya pabrik meubel yang sukses sampai mancanegara. Pendapatan dari usaha meubelnya jauh lebih besar dari gaji gubernur sehingga Jokowi lebih memilih menghibahkan gajinya untuk orang miskin yang tidak mampu.

8. Jakarta bebas korupsi dan tata kelola anggaran DKI yang transparan

Jika Jokowi menjadi gubernur DKI maka akan semakin sulit birokrat korup DKI untuk korupsi lagi. Jokowi akan menerapkan sistem tata kelola anggaran yang transparan, publik dapat mengecek berapa saja anggaran yang digunakan pemprov DKI. Jokowi peraih penghargaan Bung Hatta Anti-Corruption Awards dan e-Government untuk pemerintahan yang transparan. Jika pemimpinnya bersih maka anak buahnya juga akan bersih, kalau anak buahnya korup tinggal copot saja..hehehe. Gitu aja kok repot.

Itulah beberapa pengandai-andaian saya tentang beberapa gebrakan yang akan diambil Jokowi ketika menjadi Gubernur DKI. Ini tidak mustahil karena beberapa sudah diterapkan di Solo dan akan diterapkan lagi di Jakarta.







Penulis: Stefanus Yohanes
Sumber: Kompasiana


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.