Akun @Triomacan2000 Jadi Jangkar Pendukung Foke

Rabu, September 19, 2012 0 Comments

Ilustrasi Pendukung Foke. (Foto: Wahyu/Davinanews)
Pola komunikasi para pembincang Fauzi di dunia maya amat terpusat. "(Akun Twitter) @triomacan2000, misalnya, menjadi penghubung bagi banyak akun pendukung Fauzi.

Lembaga analisis percakapan politik di media sosial, PoliticaWave, menyebut pasangan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama unggul dalam merebut perhatian netizens. Pada periode 12 Juli-12 September 2012, mereka meraih share of exposure  (persentase jumlah buzz/mentionkandidat di sosial media) sebanyak 54,9 persen. 

Sedangkan pasangan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli hanya meraih 45,1 persen dukungan.
"Media sosial yang kami monitor meliputi Twitter, Facebook, Online Forum, Blog, Online News dan Youtube," ujar pendiri PoliticaWave, Yose Rizal, Selasa, 18 September 2012.

Kemenangan ini ditentukan oleh terpolanya strategi komunikasi dunia maya yang dilakukan kubu pasangan Jokowi-Ahok. "Komunikasi mereka menyebar di antara akun jejaringnya," ujarnya.

Sedangkan pola komunikasi para pembincang Fauzi di dunia maya amat terpusat. "(Akun Twitter) @triomacan2000, misalnya, menjadi penghubung bagi banyak akun pendukung Fauzi," ujar Yose.

Tercatat sebanyak 562.598 unique user (jumlah akun unik yang melakukan percakapan) mendukung Jokowi-Basuki. Sedangkan Fauzi-Nachrowi hanya didukung 309.678 unique user. Ini menyebabkan buzz (jumlah percakapan tentang kandidat di social media) pasangan kotak-kotak itu mencapai 1.365.234 kicauan. Sedangkan pasangan petahana hanya mentok di angka 813.742 kicauan.








Editor: Yudi Dwi Ardian
Sumber:  Tempo

http://chirpstory.com/li/23149

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.