Waspadai Dua Model Politik Uang Putaran Kedua Pilkada DKI

Minggu, Agustus 26, 2012 0 Comments

Ilustrasi

Politik uang tunai biasanya dilakukan saat pelaksanaan pemungutan suara atau disebut serangan fajar.
Menjelang pelaksanaan putaran kedua pemilukada DKI Jakarta, Aliansi Masyarakat Jakarta (Amarta) meminta KPU DKI dan Panwaslu benar-benar mewaspadai dua model politik uang.
Ketua Amarta, Rico Sinaga menjelaskan pada hasil penelitian putaran pertama pemilukada DKI ditemukan ada dua model praktek politik uang. Dua model yang paling utama adalah model tunai dan pascabayar. Menurutnya dua model ini menggunakan uang atau barang sebagai imbalan untuk memilih pasangan tertentu.
"Politik uang tunai biasanya dilakukan saat pelaksanaan pemungutan suara atau disebut serangan fajar. Ini dilakukan oleh tim sukses pasangan calon. Atau bisa juga membagikan sembako atau uang sebelum berangkat ke TPS," kata Rico dalam siaran pers yang diterima Tribunnews.com, Minggu(26/8/2012).
Politik uang cara pascabayar, lanjut Rico dilakukan oleh sekelompok orang setelah hari pemungutan suara. Biasanya, sudah ada komitmen bersama terlebih dulu dengan pemilik suara dengan imbalan sejumlah uang.
"Pascabayar ini modusnya memotong nomor atau gambar seorang kandidat dan menyerahkan potongan tersebut untuk ditukar uang," jelasnya.
"Ini praktek politik uang gaya baru yang luput dari pantauan KPU DKI dan Panwaslu DKI pada putaran pertama," lanjutnya.
Rico mengungkapkan cara lain modus pascabayar yakni dengan memotret tanda gambar yang sudah dicoblos. Selanjutnta foto tersebut dijadikan barang bukti utuk mendapatkan uang.
"Kami mendesak KPU DKI dan Panwaslu DKI untuk membuat aturan yang membatalkan surat suara pemilih bila ditemukan kertas suara bolong atau robek besar," katanya.






Redaktur: Yudi Dwi Ardian
Sumber: Tribunnews

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.