Salah Survei Putaran Kedua, Lembaga Survei Bisa Hancur

Rabu, Agustus 29, 2012 0 Comments

Hasil putaran pertama versi LSI | Davinanews.com

Kalau mereka melakukan hal yang sama pada putaran kedua, dan hasilnya meleset lagi, maka kredibilitas lembaga survei tersebut semakin hancur.
Lembaga survei kini dinilai lebih berhati-hati mengeluarkan hasil survei jelang putaran kedua pemilukada DKI. Salah survei pada putaran kedua, kredibilitas lembaga survei tersebut bisa hancur.
Demikian disampaikan peneliti Political Research Institute for Democracy (PRIDe) Indonesia, Agus Herta Sumarto, yang mengatakan lembaga survei di Jakarta sudah mulai berhati-hati setelah kejadian pada putaran pertama pemilukada DKI dimana banyak lembaga survei yang hasil surveinya meleset.
"Kalau mereka melakukan hal yang sama pada putaran kedua, dan hasilnya meleset lagi, maka kredibilitas lembaga survei tersebut semakin hancur," ujar Agus, Rabu (28/8/2012).
Menurutnya tersisa hanya dua pasangan pada putaran kedua membuat lembaga survei lebih berhati-hati dan menyimpan informasi hanya untuk mereka saja, tidak diumumkan ke publik.
"Pertarungan untuk putaran kedua sangat ketat. Kalau salah hasil surveinya, besok-besok lembaga surveinya tidak dipakai lagi dan tidak dipercaya lagi," tuturnya.
Agus berpendapat banyak lembaga survei melihat peta kekuatan pasangan calon incumbent Foke-Nara dan Jokowi-Ahok relatif tidak jauh. Namun lembaga survei itu tidak berani hasil surveinya dipublish untuk publik.
"Waktu putaran pertama, kalau salah kan bisa salah berjamaah. Sekarang sudah tidak bisa lagi," ungkapnya.
Ditambahkannya, sepinya hasil survei pemilukada putaran kedua bukan karena pasangan calon dan parpol pendukungnya tidak percaya lagi terhadap lembaga survei. Menurutnya pasangan calon dan parpol sudah tahu hasil survei yang sebenarnya.
"Tetapi karena lembaga survei dibayar pasangan calon, maka mereka harus menyenangkan hati kliennya," pungkasnya.







Editor: Yudi Dwi Ardian
Sumber: TribunNews

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.