Pasangan Jokowi-Ahok Terpopuler Di Media

Minggu, Agustus 05, 2012 0 Comments


Jokowi - Basuki | JakartaBaru.co
Dari 3.448 berita, sebanyak 599 berita membahas tentang pasangan Jokowi-Ahok. Jumlah ini mengalahkan pasangan Foke-Nara yang hanya mencatat sebanyak 471 berita.


Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta kembali melakukan riset terhadap Indepensi Media Dalam Peliputan Pilkada DKI Jakarta 2012. Dari hasil riset ini, pasangan Jokowi-Ahok keluar sebagai pasangan terpopuler dalam segi pemberitaan.

"Ada 16 media yang dijadikan sampel oleh AJI dalam riset ini. Dari 16 media ini tercatat 3.448 berita," kata Ketua AJI Jakarta, Umar Idris, di Newseum Cafe, Jakarta, Minggu (5/8/2012).

Adapun 16 media ini terdiri dari empat media online yaitu Kompas.com, Detik.com, Vivanews dan Okezone, kemudian empat media cetak nasional yaitu Kompas, Koran Tempo, Republika dan Suara Pembaruan, media cetak lokal yaitu Warta Kota, Pos Kota, Indopos dan Koran Jakarta, serta empat stasiun televisi yaitu RCTI, Metro TV, TVOne dan JakTV.

Berdasarkan penelitian kuantitatif yang menggunakan analisis isi sederhana, terhitung periode 1-31 Juli, dari 3.448 berita, sebanyak 599 berita membahas tentang pasangan Jokowi-Ahok. Jumlah ini mengalahkan pasangan Foke-Nara yang hanya mencatat sebanyak 471 berita.

Begitu pula dengan berita foto, pasangan Jokowi-Ahok menjadi terpopuler dengan jumlah 479 foto. Sementara pesaingnya pasangan Foke-Nara memiliki 354 foto yang tersebar pada 16 media.
Hasil riset periode ini berbeda dengan hasil riset sebelumnya yang dilakukan 16-30 Juni. Pada periode sebelumnya, pasangan Foke-Nara menjadi yang terpopuler pada pemberitaan media dengan jumlah 186 berita dan 147 foto.










Redaktur: Yudi Dwi Ardian
Sumber: Kompas

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.