Jurus Jokowi Menata Warga di Bantaran Sungai Ciliwung

Minggu, Agustus 26, 2012 2 Comments

Ilustrasi | Facebook
Kami sudah berbicara dengan komunitas-komunitas di sini, mereka siap dan mau ditata, tapi jangan dirugikan dan jangan digusur.

Calon Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi) sudah punya taktik jitu untuk menertibkan masyarakat di sekitaran Sungai Ciliwung. Jokowi akan menggandeng komunitas setempat dan menjanjikan membangun rumah susun.

Hal ini disampaikan Jokowi saat menyapa warga di sekitaran Kali Ciliwung, Jl Pelangi RT 004/07, Keluarahan Rawa Jati, Kecamatan Kalibata, Jaksel. Menurut Jokowi, warga di sekitaran Ciliwung harus ditata.

"Kami sudah berbicara dengan komunitas-komunitas di sini, mereka siap dan mau ditata, tapi jangan dirugikan dan jangan digusur," kata Jokowi di lokasi, Minggu (26/8/2012).

Pemerintah dan warga harus mencari solusi yang sama-sama menguntungkan untuk mengatasi masalah ini. Dan ini harus dilakukan melalui sebuah dialog.

"Artinya ada sebuah solusi yang win-win, diajak bicara, diajak dialog mereka ingin apa, mereka butuh apa. Meskipun tidak semuanya diberikan," lanjut Jokowi.

Salah satu solusinya dengan membangun rumah susun (Rusun). Jokowi yakin dengan kemampuan keuangan Pemprov DKI, bukan persoalan yang sulit untuk membangun sebuah rusun.

"APBD kita mampu melakukan itu, satu rusun paling berapa, Rp 12 miliar atau Rp 10 miliar dan itu cukup," jelas Jokowi.

"Saya ingin konsentrasi di tempat-tempat area seperti ini. Di kawasan-kawasan miskin, di kawasan-kawasan yang tidak tertata, sehingga betul-betul Kali Ciliwung menjadi sebuah sungai yang bersih, yang indah dan masyarakat sekitarnya juga mempunyai budaya yang baik, tidak membuang sampah di sungai," tandasnya.






Editor: Yudi Dwi Ardian
Sumber: detikNews


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.