Jokowi-Ahok Paling Banyak Terima Pemberitaan Positif

Minggu, Agustus 05, 2012 1 Comments

Jokowi - Basuki | JakartaBaru.co

Ada 441 berita yang memuat berita bernada positif.

Pasangan calon gubernur-wakil gubernur Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama atau Jokowi-Ahok paling banyak menerima pemberitaan positif dari berbagai media. Hal ini dibuktikan oleh riset yang dilakukan Aliansi Jurnalis Independen (AJI) Jakarta pada periode 1-31 Juli 2012.

"Dari hasil riset menunjukkan, Jokowi-Ahok menerima pemberitaan positif paling banyak. Ada 441 berita yang memuat berita bernada positif," kata Ketua AJI Jakarta Umar Idris, Minggu (5/8/2012) di Jakarta Selatan.

Pemberitaan positif mengenai pasangan Jokowi-Ahok ini banyak muncul di media online, sepertiKompas.comDetik.comOkezone, dan Vivanews. AJI mencatat pemberitaan negatif mengenai pasangan nomor urut tiga ini berjumlah 40 berita.

Sementara itu, pesaingnya pada putaran kedua Pilkada DKI Jakarta 2012, yaitu Fauzi Bowo dan Nachrowi Ramli (Foke-Nara), mengantongi 278 berita positif dan 98 berita bernada negatif. "Untuk pemberitaan bernada negatif, pasangan Foke-Nara mendominasi dibanding Jokowi-Ahok," ujar Umar.
Jokowi-Ahok juga memperoleh jumlah terbanyak dalam hal pemberitaan netral, yakni 97 berita. Adapun Foke-Nara dipublikasikan dalam 78 berita bernada netral pada periode ini.

Pada riset periode 16-30 Juni 2012, pemberitaan positif justru didominasi oleh pasangan Hendardji Soepandji dan Ahmad Riza Patria. Pasangan Jokowi-Ahok hanya mengantongi 102 berita positif dan 21 berita negatif. Adapun berita pasangan Foke-Nara cukup berimbang pada periode Juni ini. "Pemberitaan positifnya tercatat 35 berita dan berita negatifnya tercatat 30 berita," kata Umar.








Redaktur: Yudi Dwi Ardian
Sumber: Kompas











Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.