Isu SARA, Indikasi Lemahnya Kreativitas Berpolitik

Rabu, Agustus 01, 2012 0 Comments

KOMPAS/AGUS SUSANTOIlustrasi
Kampanye hitam dengan menebarkan hal-hal yang berbau SARA menunjukkan hilangnya kreativitas dalam berpolitik. 

Merebaknya isu suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) menjelang Pilkada DKI putaran dua, menurut Ketua Koordinasi Nasional Gerakan Peduli Pluralisme Damien Dematra, mengindikasikan lemahnya kreativitas dalam berpolitik.

"Isu SARA memang komoditas yang murah, sensitif, dan mudah disebarkan dalam sebuah masyarakat plural seperti di Jakarta. Namun, kampanye hitam dengan menebarkan hal-hal yang berbau SARA menunjukkan hilangnya kreativitas dalam berpolitik. Masih banyak cara lain untuk berkampanye, misalnya lewat pemaparan program, beradu visi, dan mengedepankan solusi. Bukan malah menyebarkan isu-isu SARA," ungkapnya saat dihubungiKompas.com, Selasa (31/7/2012).

Damien juga menegaskan, terbuka kemungkinan isu SARA menjelang pilkada putaran kedua ini disebarkan oleh pihak ketiga, bukan dari kedua kubu calon gubernur. Sebab, isu SARA dapat bersifat kontraproduktif, belum tentu menguntungkan pihak yang menyebarkan isu tersebut.

"Bisa saja ada pihak ketiga yang sedang mancing di air keruh. Sebab, bagi kedua cagub, isu ini kontraproduktif. Dalam hal ini berlaku psikologi terbalik, semakin isu ini dimainkan, korban bisa saja beruntung," terangnya.

Akan tetapi, Damien yakin isu SARA tidak akan berdampak signifikan. Pasalnya, warga Jakarta merupakan warga dengan tingkat rasionalitas yang tinggi. Damien memprediksi rakyat Jakarta sudah menentukan sikap mengenai siapa pasangan calon pilihan mereka dalam putaran kedua nanti. Ketetapan pilihan itu tak akan dengan mudah dipengaruhi oleh sentimen-sentimen SARA.

Redaktur: Yudi Dwi Ardian
Sumber: Kompas

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.