Yusril Dampingi Terdakwa Nenek Penipu

Selasa, Juli 31, 2012 0 Comments

Mantan Menteri Hukum dan HAM, Yusril Ihza Mahendra. (FOTO ANTARA/Widodo S Jusuf) 
Saya nilai kasus ini menarik karena seorang nenek yang sudah uzur dipaksa menjalani persidangan.


Yusril Izha Mahendra, mantan menteri Hukum dan HAM, menyatakan dirinya bergabung menjadi tim kuasa hukum Loeana Kanginnadhi, nenek 77 tahun, terdakwa kasus dugaan penipuan tanah.

"Saya nilai kasus ini menarik karena seorang nenek yang sudah uzur dipaksa menjalani persidangan," kata Yusril, usai menjenguk kliennya di Rumah Sakit Umum Pusat Sanglah, Denpasar, Senin.

Pihak keluarga Loeana sebelumnya telah menghubungi dia untuk menangani kasus tersebut. Saat ini dia masih mempelajari kasus itu guna mengambil langkah selanjutnya.

Menurut dia, ada beberapa kejanggalan pada kasus ini, salah satunya tentang upaya penahanan kliennya yang masih saja dilakukan.

Kondisi yang bersangkutan seperti itu tentunya tidak cukup alasan untuk ditahan, dalam peraturan Mahkamah Agung juga ada batasan maksimal usia seseorang yang dapat ditahan.

"Meskipun saya menjadi kuasa hukum Loeana, saya tetap bersikap obyektif terhadap kasus itu supaya norma hukum ditegakkan. Kalau yang benar dibela dan bersalah diluruskan, ujarnya.

Yusril menilai kasus itu masih berada di wilayah abu-abu, apakah kasus perdata atau pidana.
Kasus tersebut cukup penting karena bernilai ekonomi tinggi sehingga banyak pihak yang berkepentingan untuk memudahkan bisnisnya.

Dia juga meminta Ikatan Dokter Indonesia (IDI) pusat untuk memeriksa kesehatan kliennya karena kasus itu mendapat sorotan akibat perbedaan pendapat sejumlah dokter terkait kesehatan mantan konsulat Indonesia di Denmark tersebut. 



Redaktur: Yudi Dwi Ardian
Sumber: antara

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.