Wirausaha Muda Mandiri Raih Penghargaan Internasional

Minggu, Juli 01, 2012 0 Comments


Jumlah Peserta Meningkat
Illustrasi Bank Mandiri
Illustrasi Bank Mandiri
Mengurangi ketergantungan pada lapangan pekerjaan yang tersedia

Ajang Wirausaha Muda Mandiri (WMM) semakin menunjukkan gaungnya di kawasan Asia Pasifik. 

Pasalnya, melalui kegiatan itu PT Bank Mandiri (Persero) Tbk mendapat penghargaan Investment in People Award, untuk keempat kalinya sejak tahun 2009 dari Enterprise Asia, dalam perhelatan Asia Responsible Entrepreneurship Awards (AREA) 2012. 

Program AREA yang digelar oleh Enterprise Asia, merupakan ajang pemberian penghargaan kepada korporasi-korporasi, atas program kepedulian sosialnya yang menunjukkan jiwa kepemimpinan perusahaan, ketulisan dan komitmen berkelanjutan dalam memasukkan nilai etika, dan bertanggungjawab.

Pada 2012, AREA diikuti 80 perusahaan besar di kawasan Asia Tenggara.

AREA menilai, Wirausaha Muda Mandiri mampu mengubah cara pandang generasi muda, tentang wirausaha serta dapat menjadikan sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) sebagi sektor idaman untuk berkarya.

"Kami bersyukur ajang WMM yang telah kami selenggarakan sejak 2007 ini mendapat pengakuan internasional dan semakin mendorong kami untuk terus meningkatkan angka kewirausahaan. Wirausaha dapat membuka lapangan kerja baru dan akan membantu menurunkan angka pengangguran,” kata Senior Vice President Corporate Secretary Bank Mandiri Sukoriyanto Saputro dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Minggu (1/7).

Bank Mandiri, lanjut Sukoriyanto, terus berusaha mengubah pola pikir generasi muda, khususnya para mahasiswa untuk mulai berwirausaha, dan mengurangi ketergantungan pada lapangan pekerjaan yang tersedia.

Menurut dia, WMM saat ini menjadi perhatian khusus dari mahasiswa, seperti ditunjukkan dengan jumlah peserta kompetisi WMM yang terus meningkat dari tahun ke tahun. 

Pada 2011, sebanyak 3.751 mahasiswa mengikuti kompetisi WMM. Jumlah tersebut melonjak naik jika dibandingkan pada awal tahun penyelenggaraan pada 2007 yaitu sebanyak 400 peserta.

"Untuk melengkapi proses pembentukan wirausaha baru yang inovatif, Bank Mandiri juga menggelar Mandiri Young Technopreneur, untuk mendorong generasi muda mengembangkan teknologi terbaru untuk kemajuan bangsa Indonesia," tambahnya.

Pada ajang tersebut, Bank Mandiri memberikan modal (project capital), kepada para pemenang guna mengimplementasikan hasil karyanya di suatu kawasan untuk mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat sekitar.

“Kami ingin menekankan pada pengembangan bisnis teknologi, khususnya di sektor energi terbarukan, air bersih dan teknologi informasi, sehingga mempunyai dampak sosial yang tinggi dan dapat dikembangkan ke skala industri,” ujar Sukoriyanto.

Hingga Mei 2012, jumlah pinjaman Program Kemitraan yang diberikan Bank Mandiri selama tahun berjalan kepada para pengusaha kecil yang masih unbankable mencapai Rp 74,2 miliar. 

Menurut dia, jumlah itu akan semakin bertambah seiring komitmen perseroan mengembangkan kewirausahaan di Indonesia.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.