Waktu yang Dibutuhkan Perempuan untuk Kembali Bergairah Pascapersalinan

Rabu, Juli 04, 2012 0 Comments



Ilustrasi lemak perut.
Ilustrasi lemak perut. (sumber: Corbis/ Visualphotos)
Makin lama cuti, makin lama perempuan kembali ke kondisi mental dan fisik sebelum kehamilan. 

Usai melahirkan anak keempatnya, Victoria Beckham hanya butuh sekitar 2 minggu untuk kembalikan ukuran dan bentuk tubuhnya.

Itu hanya salah satu contoh selebriti yang diberkahi dengan kemudahan untuk kembali ke bentuk tubuh semula dalam waktu supersingkat.

Sayang, tak semua perempuan diberikan kemudahan (dan kecepatan penyembuhan) sepertinya. Bahkan, survei menjelaskan, secara rata-rata, perempuan butuh 409 hari untuk kembali ke bentuk tubuh dan ke tingkatan gairah seksual seperti sebelum kehamilan.

Poling terhadap seribu ibu di Inggris dari beragam rentang usia mengungkap, secara total, rata-rata perempuan butuh waktu 1 tahun, 1 bulan, dan 2 minggu untuk perempuan bisa kembali ke kondisi sediakala.

Untuk sebagian perempuan, selama itu pula waktu yang ia butuhkan untuk bisa kembali mendapatkan kehidupan seksual yang sehat lagi atau merasa menarik di mata suaminya lagi.

Untuk sebagian perempuan lainnya, selama itulah waktu yang dibutuhkan untuk kembali bekerja dan memiliki kehidupan sosialnya lagi.

Para ibu di Inggris ini mengakui, butuh waktu sekitar 5 bulan lebih lama dari yang mereka perkirakan untuk kembali ke kondisi sebelum mereka hamil dan melahirkan anak pertama.

Studi yang dilakukan oleh situs keluarga Mojomum ini mengatakan, 10 persen dari responden butuh waktu 2 tahun untuk merasa seksi kembali, sementara 15 persen merasa mereka tak pernah benar-benar kembali merasa kembali seperti sediakala, baik secara fisik maupun mental.

Halangan yang mereka rasakan adalah karena perasaan lelah terus dan tak punya waktu untuk diri sendiri untuk mengenyahkan sisa berat badan berlebih usai kehamilan.

Sekitar 43 persen ibu ini mengatkaan, mereka baru benar-benar kembali ke titik sebelum kehamilan begitu menemukan tempat kerja yang memberinya keseimbangan hidup dan pekerjaan.

Sekitar 60 persen responden mengaku semakin lama mereka tidak kembali bekerja usia melahirkan, makin lama mereka kembali ke titik sebelum kehamilan.

"Melahirkan anak adalah proses yang sangat mengubah hidup seseorang, dan Anda tak bisa berharap kembali ke ukuran dan gairah seksual yang sama sebelum kehamilan dalam waktu semalam," kata Elinor Wilde, psikolog asal Inggris.

Para ibu, menurut Wilde, butuh waktu untuk beradaptasi, tak menempatkan diri pada tekanan tinggi, dan melawan keinginan untuk membandingkan diri dengan orang lain supaya bisa kembali ke titik sediakala tadi.

"Meski para ibu akan cukup senang bisa mengambil cuti panjang usai melahirkan, namun, makin lama dia cuti atau tidak bekerja, makin lama pula ia kesulitan mengembalikan ukuran tubuh dan gairah seks pascapersalinan," disimpulkan pemimpin penelitian ini, Sally Overhead, pemimpin Mojomum.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.