VW Akuisisi Penuh Porsche

Jumat, Juli 06, 2012 0 Comments



Logo VW dan Porsche
Logo VW dan Porsche (sumber: Istimewa)
Mengakhiri sengketa dua dinasti keluarga terkemuka Jerman yang telah berlangsung tujuh tahun.

Pertikaian paling sensasional di dunia otomotif yang melibatkan dua perusahaan mobil legendaris dan dua dinasti keluarga di Jerman akhirnya berakhir setelah Volkswagen sepakat membeli 50,1 persen saham Porsche untuk menuntaskan kepemilikan penuh atas produsen mobilsports itu.

Harga yang disepakati untuk saham itu adalah 4,5 miliar Euro (Rp52 triliun). VW sebelumnya telah menguasai 49,9 saham Porsche.

Para manajer VW dan Porsche berkumpul di Wolfsburg, Jerman, hari ini untuk merayakan kesepakatan itu, yang diharapkan akan membantu VW meraih ambisinya sebagai produsen mobil terbesar di dunia.

Porsche akan bergabung dengan sekitar 12 merk yang sudah bergabung di bawah VW, termasuk merk mobil mewah Bugatti dan Bentley, produsen truk Scania dan MAN, mobil murah Skoda, Audi sampai perusahaan motor Italia Ducati.

Akuisisi ini memastikan kemenangan Ferdinand Piëch, panutan dan pemimpin VW yang juga cucu dari Ferdinand Porsche, si penemu mobil legendaris VW kodok.

Piëch berhasil membalikkan keadaan, karena sebelumnya justru Porsche yang ingin membeli kepemilikan mayoritas di VW namun gagal, sehingga nyaris membuat produsen mobil sports 911 itu bangkrut.

Sengketa Keluarga Piëch dan Porsche
Pada 2005, Porsche memulai usahanya mengambil alih Volkswagen, yang dalam seminggu memproduksi lebih banyak mobil dibandingkan yang dibuat Porsche dalam satu tahun.

Rencana itu berantakan setelah utang Porsche tiba-tiba membengkak menjadi 11 miliar Euro (Rp128 triliun) pada 2008 dan Piëch berhasil membujuk sepupunya Wolfgang Porsche untuk membatalkan rencana akuisisi.

Pada 2009, VW membeli 49,9 persen kepemilikan di unit usaha produksi mobil Porsche senilai 3,9 miliar Euro (Rp45 triliun) namun dua perusahaan itu terpaksa menghentikan upaya merger karena resiko hukum yang bakal mereka hadapi, termasuk soal pajak.

Piëch, 75, telah terpilih sebagai pimpinan VW untuk ketigakalinya bulan April lalu sementara istrinya, Ursula, duduk di dewan penasihat perusahaan.

Menghindari Pajak?
Volkswagen akan membayar harga saham itu, dan mengembalikan satu lembar saham ke Porsche dalam manuver yang akan membuat merger itu menjadi seperti restrukturisasi perusahaan, bukan pengambilalihan.

Dengan melakukan itu, VW bisa menghindari pajak akuisisi sekitar 1 miliar Euro. Sebagian politisi Jerman telah mengkritisi kesepakatan yang demikian.

Saham Volkswagen melonjak 5,3% dan saham Porsche SE ikut naik 1,3% hari Kamis setelah pengumuman merger itu.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.