Timses Sepakat Pilkada Berjalan Sesuai Jadwal

Senin, Juli 09, 2012 0 Comments

Ilustrasi Sosialisasi enam pasangan calon gubernur
dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017.
(FOTO ANTARA/Widodo S. Jusuf)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta bersama tim sukses enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur sepakat tidak akan menunda waktu pemungutan suara pada 11 Juli mendatang.

Kesepakatan tersebut dicapai setelah melalui proses perdebatan panjang saat KPU dan tim sukses enam pasangan menggelar pertemuan, Senin. 

Pertemuan tersebut juga menyepakati bahwa sebanyak 21.344 data pemilih terindikasi ganda pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) dihapus sesuai keputusan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) pekan lalu.

"KPU DKI akan mematuhi amar putusan DKPP Pemilu terkait poin nomor dua yang menjadi kesatuan dari putusan ini untuk mengambil langkah-langkah penetapan DPT yang pasti," kata Ketua Pokja Pendataan Pemilih KPU DKI Jakarta, Aminullah kepada wartawan.

Ia berjanji pihaknya akan menerima serta menindaklanjuti masukan para tim sukses enam pasangan walaupun memuaskan semua pihak yang berkepentingan pada Pilkada DKI. 

Aminullah mengaku, pihaknya telah melakukan pencoretan DPT terkait temuan pemilih ganda tersebut.

"Banyak kartu pemilih yang sudah diterima warga. Apabila dihapus, nama dari salinan DPT kepada yang sudah menerima kartu pemilih, itu `kan sama saja menghilangkan hak suara," ungkapnya.

Sementara tiga tim sukses pasangan calon menuntut agar KPU DKI untuk melakukan penyisiran ulang terhadap temuan DPT ganda yang telah ditemukan oleh timnya di lapangan. 

Tim advokasi pasangan calon HNW-Didik, Rois Handayana menyatakan, pihaknya meminta KPU DKI mengolaborasikan sebanyak 21.344 DPT ganda dengan 44.000 temuan DPT ganda yang ditemukan oleh timnya.

"Satu suara sangatlah penting. KPU harus bisa menjelaskan detail termasuk 21.000 itu seperti apa," ujarnya. 

Tim advokasi Jokowi-Ahok, Denny Iskandar menegaskan, pihaknya belum melihat substansi pembenaran DPT yang strategis. "Fakta di lapangan masih menunjukkan bahwa DPT memang belum bersih," tegasnya.

Sementara tim advokasi pasangan calon Hendardji-Riza, M Ali meminta agar KPU DKI segera menyelesaikan masalah DPT malam ini. 

"Hari ini juga kami minta DPT yang pasti. Namun pada dasarnya kami tetap mengikuti tahapan dan tidak mengharapkan ada pengunduran waktu pemungutan suara," katanya. 


Sumber

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.