Tim Terbaik UEFA versus Tim Muda Pilihan

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments


Euro 2012
Robert Lewandowski (Polandia)
Robert Lewandowski (Polandia) (sumber: EPA)
Jika diadu duet Ronaldo-Ibrahimovic di bawah asuhan Del Bosque misalnya, dengan Welbeck-Lewandowski yang dilatih Loew, kira-kira siapa yang unggul?

Tak lama setelah Piala Eropa (Euro) 2012 tuntas, usai Spanyol mencatat sejarah dengan mempertahankan trofi, setelah mengalahkan Italia 4-0 di final, UEFA pun segera merilis Tim All-Stars alias Tim Terbaik (Team of the Tournament) ajang itu. Tim berjumlah 23 orang (sesuai kuota pemain kontestan Euro) yang tampak kuat dan meyakinkan.

Siapa saja yang melakukan pemilihan? Disebutkan di situs UEFA, beberapa pejabat berwenang UEFA ikut serta di tim pemilihan yang konon sudah memantau langsung sejak digelarnya laga pembuka itu. Ikut pula terlibat di sana sejumlah pelatih dan tokoh sepak bola Eropa dan dunia.

Mereka yang ada di tim itu adalah Direktur Teknis UEFA Andy Roxburgh, Fabio Capello (Italia), Jerzy Engel (Polandia), Dusan Fitzel (Republik Ceko), Gerard Houllier (Prancis), Lars Lagerback (Swedia), Gyoergy Mezey (Hungaria), serta Holger Osieck (pelatih Australia). Jean-Paul Brigger dan Walter Gagg ikut serta memberikan input dari FIFA, sementara Mordechai Shpigler terlibat sebagai penghubung ke Komite Bantuan Teknis dan Pengembangan UEFA.

Karena dikhususkan untuk pemain, UEFA sengaja tak memilih nama pelatih di situ. Tapi, dengan Spanyol yang jadi juara dan "menyumbangkan" 10 pemain di sana, rasanya pantas saja jika Vicente Del Bosque dipasangkan sebagai pelatih. Hanya saja, apakah tim ini benar-benar kuat, misalnya, jika diadu dengan tim pilihan lain (Euro 2012)?

Beritasatu.com lantas coba memilihkan "lawan yang pantas" untuk tim ini, yaitu Tim Muda Pilihan di Euro 2012. Disebut muda di sini adalah dengan ukuran pemain yang berusia 23 tahun ke bawah. Sayang, khusus di posisi kiper, lantaran tidak mudah mencari kandidat yang pantas, ukuran itu "terpaksa sedikit dilanggar" dengan memasukkan 2 pemain berusia 24 dan 25 tahun.

Sementara, oleh karena empat pemain hebat berusia 23 tahun ke bawah, yaitu Jordi Alba dan Sergio Busquets (Spanyol), Mesut Oezil (Jerman) dan Mario Balotelli (Italia), sudah masuk dalam Tim All-Stars UEFA, mereka tidak dimasukkan lagi di Tim Muda Pilihan ini. Hasilnya adalah seperti daftar di bawah, dengan jumlah juga 23 orang, serta didominasi Jerman dengan 8 pemain (karenanya pelatih yang dipilih adalah Joachim Loew).

Nah, silakan saja bandingkan kekuatan mereka. Berani "pegang" yang mana kalau mereka bertarung?

TIM ALL-STARS (Terbaik) Euro 2012 Pilihan UEFA :

Kiper:
 Gianluigi Buffon (Italia), Iker Casillas (Spanyol), Manuel Neuer (Jerman).
Belakang: Gerard Pique (Spanyol), Fabio Coentrao (Portugal), Philipp Lahm (Jerman), Pepe (Portugal), Sergio Ramos (Spanyol), Jordi Alba (Spanyol).
Tengah: Daniele de Rossi (Italia), Steven Gerrard (Inggris), Xavi Hernandez (Spanyol), Andres Iniesta (Spanyol), Sami Khedira (Jerman), Sergio Busquets (Spanyol), Mesut Oezil (Jerman), Andrea Pirlo (Italia), Xabi Alonso (Spanyol).
Depan: Mario Balotelli (Italia), Cesc Fabregas (Spanyol), Cristiano Ronaldo (Portugal), Zlatan Ibrahimovic (Swedia), David Silva (Spanyol).

Pelatih (tambahan): Vicente Del Bosque (Spanyol).


TIM MUDA Pilihan Euro 2012 (versi Beritasatu) :

Kiper:
 Wojciech Szczesny (22 tahun/Polandia), Rui Patricio (24/Portugal), Joe Hart (25/Inggris).
Belakang: Holger Badstuber (23/Jerman), Mats Hummels (23/Jerman), Jerome Boateng (23/Jerman), Jetro Willems (18/Belanda), Simon Kjaer (23/Denmark).
Tengah: Yann M'Vila (22/Prancis), Toni Kroos (22/Jerman), Marco Reus (23/Jerman), Mario Goetze (20/Jerman), Ivan Perisic (23/Kroasia), Christian Eriksen (20/Swedia), Alex Oxlade-Chamberlain (18/Inggris), Alan Dzagoev (22/Rusia), Vaclav Pilar (23/Ceko).
Depan: Theo Walcott (23/Inggris), Danny Welbeck (21/Inggris), Thomas Mueller (22/Jerman), Andre Schuerrle (21/Jerman), Nelson Oliveira (20/Portugal), Robert Lewandowski (23/Polandia).

Pelatih: Joachim Loew (Jerman).
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.