Survei Pesanan Etis dan Dibenarkan

Sabtu, Juli 07, 2012 0 Comments



JAKARTA, 5/7 - PILKADA DKI JAKARTA. Seorang warga melintas di depan baliho sosialisasi enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017 di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Kamis (5/7). Pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta akan digelar pada hari Rabu 11 Juli 2012 mulai pukul 07.00 - 13.00 WIB.
JAKARTA, 5/7 - PILKADA DKI JAKARTA. Seorang warga melintas di depan baliho sosialisasi enam pasangan calon gubernur dan wakil gubernur DKI Jakarta periode 2012-2017 di kawasan Jagakarsa, Jakarta, Kamis (5/7). Pemungutan suara Pilkada DKI Jakarta akan digelar pada hari Rabu 11 Juli 2012 mulai pukul 07.00 - 13.00 WIB. (sumber: Antarafoto)
Hasil survei bisa menggiring opini yang berpengaruh pada pemungutan suara.

Pada dasarnya, sebuah lembaga survei yang dibayar secara khusus oleh salah satu pasangan kandidat untuk merilis hasil survei yang terkait dengan Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada) DKI Jakarta adalah etis dan dibenarkan.

Yunarto Wijaya, pengamat politik dari Charta Politika, mengatakan bahwa survei apapun pasti dibayar oleh satu orang atau sekelompok orang yang memiliki kepentingan tertentu. Hal ini terkait dengan besarnya biaya penelitian sehingga membutuhkan modal yang tidak sedikit.

“Namun yang terpenting dari hasil survei pesanan adalah metodologi yang digunakan serta transparansi dari lembaga survei tersebut atas siapa yang membayar survei kepada publik,” ujar Yunarto, yang juga mengaku secara terbuka bahwa lembaganya juga disewa oleh Partai Golkar untuk melakukan sejumlah survei.

Senada dengan Yunarto, pengamat politik Nico Harjanto mengatakan, memang lembaga survei memang masih dibenarkan untuk merilis hasil survei yang dipesan secara khusus oleh si pemberi modal.

“Saya kira ini terkait karena belum adanya code of conduct yang mengatur secara spesifik terkait norma dan aturan dari lembaga survei ini,” ujar Nico saat dihubungi, hari ini.

Nico juga sepakat yang terpenting adalah pelaksana survei harus dapat menyebutkan sumber dari mana serta membuka data mentah baik metodologi hingga metodologinya untuk kepentingan publik.

“Kita bisa akui bahwa biaya survei itu tidak murah, maka dari itu ada baiknya sumber dana diumumkan kepada publik,” ujarnya.

Nico juga menilai salah satu cara yang bisa digunakan untuk mengukur apakah lembaga survei yang dibayar tersebut memiliki kredibilitas dan validitas yang benar adalah dengan menggunakan pihak ketiga. “Metodologi dan segala macamnya bisa diperiksa oleh ahli-ahlinya, ada yang memvalidasi dari pihak ketiga atau pihak yang netral.”

Lebih lanjut, Nico beranggapan bahwa pada dasarnya hasil survei yang dikeluarkan oleh lembaga survei pesanan tersebut bisa disikapi oleh publik dengan cara yang praktis.

Sebagai push sector, hasil survei secara tidak langsung dapat memberikan tekanan kepada masyarakat baik untuk turut memberi suara atau bahkan untuk menolak hasil survei dengan memilih suara yang lain atau tidak memenangkan pasangan yang unggul dalam survei tersebut.

Yang perlu diperhatikan adalah, hasil survei bisa diantisipasi sebagai salah satu pintu masuk kecurangan pada hari pemungutan suara. “Kecurangan bisa dilakukan pada menit-menit terakhir pada penghitungan suara ketika mengetahui hasil tidak sesuai dengan survei, maka akan digunakan untuk menjustifikasi hasil survei dengan cara melakukan manipulasi hasil suara.”

Untuk itu, Nico memperingatkan publik untuk belajar pintar menyeleksi pilihannya yang sesuai dengan hati nurani bukan atas opini yang sengaja dibentuk oleh pihak tertentu.

“Sudah jelas hasil survei itu mayoritasnya akan memberikan pengaruh kepada pemungutan suara, karena itulah guna dari survei sendiri, untuk menggiring opini,” kata Nico.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.