Singkong Bisa Atasi 7 Penyakit Ini

Minggu, Juli 01, 2012 0 Comments



Singkong mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan.
Singkong mempunyai banyak manfaat bagi kesehatan. (sumber: Ist)
Sejak batang, daun hingga singkongnya bisa dimanfaatkan untuk obat.

Singkong disukai oleh banyak orang di Asia, termasuk Indonesia.

Makanan kaya karbohidrat ini sebenarnya memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan manusia. Beberapa efek dari singkong adalah sebagai antioksidan, antikanker, antitumor, dan dapat meningkatkan nafsu makan. 

Hebatnya lagi, singkong juga bisa menyembuhkan beberapa penyakit. Situs Health mencatat, ada tujuh penyakit yang dapat disembuhkan oleh singkong. Apa saja?  

RematikAnda dapat menggunakan singkong sebagai pengobatan, baik dari dalam maupun luar. Pada pemakaian luar, gunakan daun singkong lima lembar ditambah 15 gram jahe. Lalu aduk dan oleskan pada tubuh. 

Untuk pengobatan dari dalam, Anda dapat menggunakan 100 gram batang singkong, serai, garam, jahe 15 gram. Semua bahan tersebut direbus dengan 1000cc air hingga menjadi 400 cc, saring. Minum sebanyak 200cc sekali dalam sehari. Lakukan selama dua hari.

Demam Anda dapat menggunakan batang singkong untuk menurunkan suhu tubuh. Rebus 60 gram batang singkong dan 300 gram daun singkong dengan 800 cc air. Biarkan rebusan menyusut sampai 400 cc, saring dan minum. Untuk hasil maksimal, Anda harus meminumnya dua kali sehari. 

Luka
Singkong juga dapat digunakan untuk mengobati luka yang telah memasuki tahap infeksi. Tumbuk batang singkong yang masih segar, lalu boreh di daerah yang luka. Bisa juga Anda memarut singkong, lalu boreh di daerah yang luka dan tutup dengan perban. Untuk luka yang disebabkan oleh benda panas, singkong dapat diparut dan diperas. Kemudian olesi di daerah luka. Lakukan hingga luka mengering.

Diare 
Untuk mengobati diare atau sakit perut, Anda dapat menggunakan daun singkong. Caranya dengan merebus tujuh lembar daun singkong, dengan 800 cc air, biarkan hingga menyusut 400 cc, saring dan minum. 

Sakit Kepala
Minum obat sakit kepala terlalu banyak juga tidak baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mencoba cara alami dengan menumbuk daun singkong sampai halus, lalu menaruhnya di atas kepala untuk kompres.  

Beri-beriBeruntung bagi mereka yang gemar menyantap daun singkong, karena akan terhindar dari penyakit ini. Namun, bagi yang sudah terkena penyakit beri-beri, harus mengonsumsi 200 gram daun singkong rebus seperti sayuran segar. 

Meningkatkan Stamina 
Untuk meningkatkan stamina, campurkan 100 gram singkong, 5 butir angco, dan air. Untuk menghindari rasa pahit, Anda dapat menambahkan madu. Selamat mencoba!
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.