Ribuan Seniman Sunda Beraksi di Karawang

Minggu, Juli 01, 2012 0 Comments



Kalender Sunda
Kalender Sunda (sumber: Antara)
Tidak ada regenerasi, beberapa seni Sunda hampir punah.

Ribuan seniman dari lima kota/kabupaten di Jawa Barat memeriahkan Kirab Seni Budaya Jawa Barat Zona Budaya Wilayah Melau Betawi, di Kecamatan Kotabaru, Kabupaten Karawang, Sabtu. 

Dalam kegiatan tersebut, para seniman Kota Bekasi, Kabupaten Bekasi, Kota Depok, Kabupaten Bogor, dan Kabupaten Karawang menampilkan berbagai kesenian khas daerahnya masing-masing. 
Untuk seniman dari Karawang menampilkan seni helaran Larung Bumi yang merupakan seni Mmunculnya syiar Islam di Karawang dan seni gelar peradaban Tarumanagara. 

Seniman Kabupaten Bogor menampilkan tiga seni helaran, yakni Seni Gubrag, Seni Badungkol dan Seni Dogjringprak. Seniman dari Kota Depok menampilkan pagelaran tiga kesenian yakni Seni Ngarak Topeng, Seni Pencak Silat dan Seni Gambang Kromong. 

Kemudian para seniman dari Kabupaten Bekasi menampilkan Seni Ngarak Panganten, Seni Topeng Ajeng dan Seni Parade Garebug, dan para seniman Kota Bekasi menampilkan Seni Tanjungan, Seni Tari Topeng Tunggal dan Seni Barongsai. 

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Jawa Barat, Nunung Sobari, mengatakan, kegiatan Kirab Seni Budaya Jawa Barat tersebut merupakan pemberian ruang bagi para seniman untuk berkreasi, dan memotivasi untuk memelihara dan merawat kesenian daerahnya masing-masing. 

"Saat ini, dari 234 jenis seni budaya Jawa Barat, terdapat beberapa kesenian budaya Jawa Barat yang hampir punah karena tidak adanya regenerasi untuk mempertahankan seni kebudayaan asli suku sunda ini," kata dia. 

Atas hal itu, dengan kegiatan kirab budaya sunda tersebut diharapkan bisa menjadi momentum kebangkitan budaya dan seni sunda yang hampir punah dan tersusupi oleh kebudayaan asing. 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.