"Pilkada Jakarta Cermin Kegagalan Parpol"

Sabtu, Juli 14, 2012 0 Comments

Ilustrasi Kegagalan Parpol
Kepercayaan terhadap partai politik makin rendah.


Federasi LSM Indonesia menilai hasil pemilihan umum kepala daerah (pilkada) DKI Jakarta versi "quick count" mencerminkan kegagalan dan menurunnya kepercayaan masyarakat terhadap partai politik (parpol), sekaligus menunjukkan kemenangan serta prospek calon independen pada masa mendatang.

"Bayangkan calon yang diusung parpol besar, seperti Partai Demokrat, PAN, PPP, PKB, PKS, dan Partai Golkar jeblok. Bahkan, calon independen Faisal Basri-Biem yang meraih suara 4,87 persen mampu mengalahkan perolehan suara pasangan Alex-Nono (4,83 persen) yang diusung partai Golkar. Ini menunjukkan tingkat kepercayaan pada parpol makin menurun," kata Ketua Umum Federasi LSM Indonesia (Felsmi) H.M. Jusuf Rizal dalam surat elektroniknya yang diterima ANTARA di Semarang, Jumat.

Begitu pula, Joko Widodo (Jokowi)-Basuki Tjahaja Purnama (Ahok), meski meraih suara terbanyak (44,5 persen) dan Foke-Nara (32,6 persen), menurut dia, hal itu bukan mencerminkan suara PDI Perjuangan dan Partai Gerindra saja, melainkan lebih karena melihat sosok Jokowi dan suara di luar partai.

Hal yang sama dengan PKS yang mengusung Hidayat-Didik, kata dia, ternyata hanya mampu mencatat 11,1 persen, padahal saat PKS mengusung Adang Daradjatun (2007) mampu meraih dukungan 46 persen.

"Jadi, dari hasil pilkada DKI Jakarta terlihat bahwa kepercayaan terhadap partai politik makin rendah," kata Jusuf Rizal yang juga Presiden Lumbung Informasi Rakyat (Lira).




sumber

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.