Pengusaha Rata-rata Menjagokan Jokowi

Selasa, Juli 24, 2012 1 Comments


Jokowi dicitrakan sosok yang cepat dalam bertindak dan bisa diajak bernegosiasi. 

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) DKI Jakarta telah menetapkan pemilihan gubernur DKI putaran kedua akan berlangsung 20 September nanti. Dua pasangan bakal bertarung memperebutkan kursi DKI 1 yakni, Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli (Foke-Nara) dan Joko Widodo-Basuki Tjahaja Purnama (Jokowi-Ahok).
Dari polling KONTAN terhadap sejumlah pengusaha di DKI, mayoritas menjagokan Jokowi-Ahok. Pertimbangan mereka rata-rata, pasangan ini lebih menjanjikan perubahan di Ibukota.
Tentu saja, hasil polling itu, belum tentu mencerminkan hasil akhir Pilgub DKI putaran kedua nanti. Cuma yang menarik, kenapa para pengusaha cenderung memilih Jokowi-Ahok ketimbang Foke-Nara?
Andrinof Chaniago, pengamat kebijakan publik menilai, ada indikasi pengusaha menginginkan perubahan terutama dalam urusan birokrasi dan perizinan. Barangkali, mereka menganggap, dua hal itu masih menjadi kendala bagi pengusaha.

Nah, Jokowi sudah membuktikan mampu melakukan reformasi birokrasi di Solo sehingga menjadi efisien, transparan, dan kompetitif. Perubahan seperti itulah yang diharapkan di DKI.
Adrinof mencontohkan, selama ini APBD DKI Jakarta cukup besar, tapi penggunaannya seperti tak terlihat. "Anggaran cukup besar, tapi kemajuan tidak terlihat," kata Andrinof.
Begitu pula dalam pelaksanaan tender proyek-proyek Pemprov DKI Jakarta, ada kecenderungan hanya pengusaha yang dekat dengan birokrasi atau punya koneksi dengan pemerintah saja yang mendapat proyek. "Persoalan ini yang seringkali dikeluhkan para pengusaha di Jakarta," imbuhnya.
Dirga Ardiansyah, peneliti Pusat Kajian Politik Universitas Indonesia (Puskapol UI) menilai, pemilih menengah atas termasuk kalangan pengusaha agaknya memang mengharapkan perubahan di Jakarta.
Berdasarkan survei Puskapol UI, kemenangan Jokowi di putaran pertama lalu ada hubungannya dengan tingkat kepuasan terhadap kinerja Fauzi Bowo yang rendah. Survei itu menemukan 53,5% pemilih menganggap kinerja Foke biasa saja. "Bahkan, ada 37% yang menyatakan tidak puas dengan kinerja Foke," bebernya.
Sementara itu, Bagus Takwin, pakar psikologi politik UI menduga dukungan pengusaha ke Jokowi karena ada unsur kedekatan. "Mereka sama-sama pengusaha, mungkin bisa memahami masalah dan keinginan pengusaha," ujarnya. 

Ia bilang, Jokowi dicitrakan sosok yang cepat dalam bertindak dan bisa diajak bernegosiasi. Nah, karakter ini yang dibutuhkan pengusaha. 

Redaktur: Yudi Dwi Ardian
Sumber: kontan


Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.