PBB: Akses Internet Adalah Hak Asasi Manusia

Sabtu, Juli 07, 2012 0 Comments



Ilustrasi pengguna internet
Ilustrasi pengguna internet (sumber: AFP)
Mengeluarkan resolusi yang mengatur kekebasan mengakses internet

Perserikatan Bangsa-Bangsa memastikan bahwa akses terhadap internet adalah salah satu hak asasi manusia setelah Dewan Hak Asasi Manusia PBB mengeluarkan sebuah resolusi, Kamis (5/7), yang mengatur bahwa semua orang harus diperbolehkan mengakses dan mengekspresikan diri di internet.

Ke-47 anggota Dewan HAM PBB, bahkan termasuk China dan Kuba yang terkenal dengan sensor yang sangat ketat atas internet, menandatangani resolusi tersebut.

Akses internet sebagai salah satu hak dasar manusia pertama kali ditegaskan oleh International Telecommunication Union (ITU) pada 2003. Gagasan kebebasan berinternet juga didukung oleh sejumlah tokoh dunia maya, termasuk Tim Barners Lee, penemu World Wide Web (www).

"Internet adalah pemberdayaan bagi kemanusiaan, agar manusia selalu terhubung dalam kecepatan tinggi dan tanpa batas," kata Bernes Lee dalam satu kesempatan wawancara dengan BBC pada April silam.

Dewan HAM adalah salah satu badan PBB yang memantau penegakan hak-hak dasar manusia dan mengawasi pelanggaran atasnya di semua negara anggota PBB.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.