Panwaslu Akan Buat Data Pembanding Hasil Pilkada

Rabu, Juli 11, 2012 0 Comments


Ketua Panwaslu Ramdansyah. (sumber: Ujang B Thaib/Davinanews)
Rencananya di lapangan, satu orang pemantau akan bertugas merekapitulasi hasi di 20 TPS.


Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) DKI Jakarta akan membuat data rekapitulasi pembanding hasil Pilkada pada 11 Juli.
 
Ketua Panwaslu Ramdansyah mengatakan akan menurunkan 801 relawan untuk membuat data pembanding tersebut dengan turun ke TPS-TPS. Jumlah itu masih ditambah dengan 355 petugas Panwaslu yang berada di kelurahan dan kecamatan.

"Mereka akan mengirim jumlah suara yang diperoleh enam pasangan calon, serta suara sah dan tidak sah lewat SMS," kata Ramdansyah di kantor Panwaslu Jakarta, Selasa. 

Rencananya di lapangan, satu orang pemantau akan bertugas merekapitulasi hasi di 20 TPS. Dengan begitu Ramdansyah mengklaim bisa mengkover seluruh TPS yang ada di DKI Jakarta.

"Kalau hasil rekapitulasi Panwaslu dengan KPU berbeda di banyak TPS, berarti bisa terindikasi ada jual beli suara," kata Ramdansyah.

Menurutnya, proses Pilkada yang paling mungkin terjadi distorsi suara itu ketika dilakukan pemindahan suara dari formulir C2 ke C1. Untuk itu para relawan Panwaslu juga diwajibkan memfoto formulir C2 yang telah berisi jumlah suara lengkap.

"Kalau terbukti ada kecurangan, Panwaslu bisa menindak panitia yang melanggar secara pidana berdasarkan UU No. 32 thn 2004," kata Ramdansyah. 
















Sumber

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.