Menkeu: Subsidi Energi Membengkak jadi Rp305 Triliun

Jumat, Juli 06, 2012 0 Comments



Menkeu Agus Martowardjojo
Menkeu Agus Martowardjojo (sumber: ANTARA)
BBM mencapai Rp216 triliun, sementara listrik Rp89 triliun.

Pemerintah memperkirakan, subsidi bahan bakar minyak (BBM) hingga akhir tahun 2012 akan menembus Rp216,8 triliun. Sementara subsidi listrik menjadi Rp89,1 triliun.

Angka tersebut jauh lebih tinggi dari yang dianggarkan dalam Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN-P) 2012 sebesar Rp137,4 triliun. Sehingga, dibutuhkan tambahan dana sebesar Rp78,6 triliun untuk menutupi subsidi tersebut. 

Menteri Keuangan Agus Martowardojo, selama semester I-2012, belanja subsidi BBM mencapai Rp88,9 triliun, atau 64 persen dari kuota BBM tahun ini. Sedangkan pada semester dua, diperkirakan mencapai Rp127,9  triliun.  

"Hingga akhir tahun ini diperkirakan mencapai Rp216,8 triliun," ujar Agus dalam data Perkembangan Ekonomi Terkini yang dikutip hari ini.

Berdasarkan data Kementerian Keuangan, anggaran yang melampaui pagu tidak hanya subsidi BBM, melainkan juga subsidi listrik yang diperkirakan melewati anggaran APBN-P 2012 sebesar Rp65 triliun.

Pada semester I-20012, Kementerian Keuangan mencatat realisasi subsidi listrik mencapai Rp35,5 triliun, sedangkan pada semester dua, subsidi listrik diperkirakan Rp53,7 triliun. "Perkiraan realisasi subsidi listrik hingga akhir tahun mencapai Rp89,1 triliun atau 137,1 persen terhadap APBN-P," terang dia.

Tingginya realisasi belanja subsidi pada semester dua ini, menurut Agus, disebabkan beberapa faktor, di antaranya kenaikan harga minyak mentah Indonesia (Indonesia crude price/ICP) dari US$105 per barel menjadi US$110 per barel  dan kenaikan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat dari 9.000 per dollar menjadi 9.250 per dollar. 

 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.