Mengintip Outlander, SUV Terbaru Mitsubishi di Indonesia

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Mitsubishi Outlander
Mitsubishi Outlander (sumber: mitsubishicars.com)
Sukses di luar negeri, diluncurkan di Indonesia bulan ini, dengan harga mulai Rp300 jutaan.

Mengikuti sukses penjualan Pajero Sport di Indonesia, Mitsubishi kembali akan meluncurkan model sport-utility vehicle(SUV) terbaru bulan ini.

Teaser-nya sudah terpampang di web siteresmi agen tunggal pemegang merk (ATPM), PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors, dengan slogan the legend meets urban soul (sang legenda bertemu jiwa perkotaan).

Meskipun gambarnya masih terselubung bayangan hitam, tak pelak lagi sosok yang ada di laman itu adalah Outlander, mobil jenis crossover yang sudah beredar di negara-negara lain.

Di luar negeri, mobil bermesin diesel ini bisa menampung tujuh penumpang dan dengan mengubah seat configuration dia bisa menelan satu sepeda gunung utuh, walaupun bentuknya lebih kecil dari Pajero.

Khusus versi Outlander Sport, kapasitas penumpang hanya lima orang.

Dapur pacunya berisi mesin diesel MIVEC dengan kapasitas silinder 2 sampai 2,4 liter yang diklaim lebih hemat bahan bakar dan lebih rendah emisi. Design-nya cukup unik, gril depan terinspirasi oleh bentuk pesawat jet tempur dan bahan atap dari aluminium untuk mengurangi bobot dan menambah efisiensi bahan bakar.

Versi di luar negeri memiliki fitur unik yang disebut "Flap-Fold Tailgate", yaitu dua daun pintu belakang yang terintegrasi dengan bemper dan bisa dilipat ke bawah untuk memudahkan memasukkan barang serta bisa berfungsi sebagai bangku kalau pintu itu terbuka. Cocok untuk piknik di luar kota, namun belum jelas apakah fitur itu juga ada di versi yang dijual di sini.

Model pertama Outlander lahir 11 tahun silam di Jepang, dengan nama Mitsubishi Airtrek dan menjadi salah satu pelopor mobil crossover, yaitu jenis mobil yang didesign dengan platform sedan namun ditambahkan keunggulan-keunggulan yang ada pada SUV.

Mobil jenis ini hemat BBM dan rendah emisi seperti sedan, namun memiliki kemampuan off-roadkarena jarak sumbu roda dengan permukaan jalan yang lebih tinggi, bisa dilengkapi tehnologi penggerak empat roda, dan kursi yang lebih tinggi seperti SUV pada umumnya.

Generasi kedua muncul pada 2005 dan saat itulah pasar global mengadopsi nama Outlander. Mesinnya sudah bertehnologi MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system).

Di Indonesia, Outlander akan bersaing dengan Honda CRV, Nissan X-Trail dan Ford Escape, namun kalau versi tujuh penumpang yang dijual, maka kompetitornya adalah SUV family lainnya seperti Toyota Fortuner, Ford Everest, pendatang baru Chevrolet Orlando dan saudaranya, Pajero.

Soal harga, menurut sumber-sumber di ATPM, takkan jauh berbeda dengan para kompetitornya itu. Artinya, akan dimulai dari kisaran Rp300 juta on-the-road.
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.