Mengenal Dua Jenis Kopi Favorit

Kamis, Juli 05, 2012 0 Comments



Pekerja menyangrai biji kopi jenis arabika di Pabrik kopi Aroma, Banceuy, Bandung, Jawa Barat,
Pekerja menyangrai biji kopi jenis arabika di Pabrik kopi Aroma, Banceuy, Bandung, Jawa Barat, (sumber: JG Photo/Rezza Estily)
Untuk kalangan pecinta kopi, kopi Robusta atau Arabika merupakan minuman wajib. 

Selain menjadi solusi untuk melawan kantuk, rasa dan aromanya yang khas membuat kopi sebagai salah satu minuman yang paling diminati untuk dikonsumsi siang maupun malam hari.

Namun, kebanyakan orang masih sulit untuk mengenali kedua jenis kopi yang paling banyak dikonsumsi diseluruh dunia.

Seperti dilansir laman foodnetwork, berikut adalah perbedaan diantara kedua jenis kopi yang memiliki penggemar terbanyak. 

Kopi Arabika memiliki banyak varietas, bergantung dari iklim dan tanah tempat kopi tersebut ditanam. Menurut sejumlah pihak, kopi ini berasal dari Brasil dan Etiopia dan menguasai 75 % pasar kopi dunia. 

Kopi ini memiliki aroma yang wangi, mirip percampuran bunga dan buah karena lokasi hidupnya di kawasan yang sejuk dan dingin. Kopi ini juga dinyatakan memiliki tingkat dan rasa asam yang tidak dimiliki kopi jenis lainnya. 

Sementara itu, untuk kopi jenis Robusta sendiri bisa dikatakan masih kurang terkenal jika dibandingkan dengan Arabika. 

Kopi jenis dinyatakan hanya hanya menguasai 25 % dari pasar dunia. Untuk lokasi tumbuhnya, jenis kopi menyebar di wilayah Indonesia, Kolombia atau Filipina.

Menurut sejumlah kalangan pecinta kopi, Robusta memiliki rasa mirip cokelat dengan aroma yang khas. 

Robusta juga mempunyai tekstur yang lebih kasar dengan warna bervariasi sesuai dengan pengolahan. 

Kondisi tanah, iklim, dan proses pengemasan kopi akan membuat rasa kopi jenis ini terasa berbeda dibanding kopi lainnya. 
 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.