Menag SDA: Ponpes Al Zaytun Ikut Perkuat Ketahanan Pangan

Selasa, Juli 10, 2012 , , 0 Comments

Menteri Agama Suryadharma Ali didampingi Syekh Panji Gumilang melakukan panen perdana padi bibit unggul Sigro Milir, di areal pertanian, Pondok Pesantren Al Zaytun, Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat, Senin (9/7). 
Hasilnya bisa menggembirakan, yaitu untuk 1 hektar dapat dipanen gabah sebanyak 14 ton sekali musim. Padi ini bisa ditanam dua kali dalam setahun.
Menteri Agama Suryadharma Ali mengatakan, Pondok Pesantren Al Zaytun, Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat, diharapkan memberi kontribusi terbaiknya bagi bangsa Indonesia dalam bidang ketanganan pangan.
Indonesia setiap tahun kehilangan sekitar 100 ribu hektar lahan pertanian yang digunakan untuk keperluan industri, pemukiman dan lainnya dan dalam keadaan demikian pondok pesantren di bawah Syekh Panji Gumilang (SPG) itu mampu meningkatkan produksi pertanian, khususnya padi, kata Menag Suryadharma Ali ketika melakukan panen bibit padi perdana jenis Sigro Milir, di lahan pertanian pondok tersebut, Senin (9/7).
Menteri Agama Suryadharma Ali memperoleh penjelasan dari pimpinan Ponpes Al Zaytun Syekh Panji Gumilang tentang keunggulang bibit pagi Sigro Milir, di areal pertanian, Pondok Pesantren Al Zaitun, Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat, Senin (9/7)

Menag mengatakan, ditengah krisis lahan pertanian ada kabar menggembirakan dari pondok pesantren, yaitu pimpinan pondok tersebut melakukan penelitian padi sejak 10 tahun yang lalu dan sekali ini bibitnya hendak dikembangkan karena dapat memberi manfaat besar bagi petani. Hasilnya bisa menggebirakan, yaitu untuk 1 hektar dapat dipanen gabah sebanyak 14 ton sekali musim. Padi ini bisa ditanam dua kali dalam setahun.
Menag mengaku tak pandai bertani, tetapi dari pengamatanya justru hasil penelitian padi dipondok tersebut sungguh menggembirakan. Karena itu ia menyampaikan apresiasi.
Ketika ditanya apakah bibit padi tersebut akan diberikan rekomendasi kepada Menteri Pertanian untuk disebarluaskan, ia mengatakan, niat ke arah itu sudah ada. Tetapi sebelum itu ia pun akan melihat percobaan padi Sigra Milir tersebut dalam setahun ke depan.
Menteri Agama Suryadharma Ali memberikan sambutan sebelum 
melakukan panen perdana padi bibit unggul Sigro Milir, di areal pertanian, 
Pondok Pesantren Al Zaytun, Haurgeulis, Indramayu, Jawa Barat, Senin (9/7). 
Di Ponpes Al Zaytun santri diberi pembekalan ilmu pertanian. Bukan hanya dalm bidang tani, tetapi juga ternak dan perikanan. Untuk itu Menag berharap Al Zaytun dalam memberi kontribusi dalam bidang pertanian.
SPG dalam kesempatan tersebut menjelaskan bahwa padi Sigro Milir memiliki keunggulan antara lain, daunnya berdiri dan tahan terpaan angin kencang. Butir padinya pun banyak jika dibanding jenis padi lain.
SPG berharap padi ini dapat meningkatkan penghasilan bagi petani jika dikembangkan. Untuk itu, Al Zaytun akan mengawalinya.


Sumber: Kemenag.go.id
Editor: M. Amin

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.