LSI: Jokowi Punya Kemampuan Menarik Keragaman di Jakarta

Kamis, Juli 12, 2012 0 Comments

Tina Talisa dan Jokowi
Peneliti Lembaga Survei Indonesia Saiful Mujani mengatakan solidnya partai politik pengusung Jokowi-Ahok menjadi faktor kemenangan pasangan itu.

"Mengenai mesin politik partai, saya tidak tahu persisnya, tapi jika melihat kesolidan partai itu terlihat mesin politiknya berjalan," kata Saiful Mujani, di Jakarta, Rabu.

Saiful menguraikan faktor lain yang menjadi mendukung pasangan dengan nomor urut tiga tersebut.

Jokowi-Ahok dinilainya bisa mengambil semua kelas, baik di tingkat atas maupun melakukan penetrasi ke bawah. 

Basis dukungan PDI Perjuangan yang kuat di tingkat bawah menurut dia turut berperan melakukan penetrasi itu.

"Dari sisi agama, Islam yang mayoritas suaranya 85 persen, separuhnya memilih Jokowi. Lalu Nonmuslim, 15 persen hampir semuanya ke pasangan ini," katanya.

Dia juga mencontohkan, pasangan ini mampu menarik basis dukungan hampir 100 persen dari etnis Tionghoa. Artinya, pasangan ini mendapatkan suara 6 persen dari etnis Tionghoa itu.

Saiful menyimpulkan pasangan ini punya kemampuan menarik keragaman yang ada di Jakarta.
























sumber

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.