KIPP : Pemilih Bersimpati Pada Figur Jokowi

Rabu, Juli 11, 2012 0 Comments

Seorang warga tampak bersalaman dengan Jokowi, saat beliau berkeliling Kampung.

Komite Independen Pemantau Pemilu (KIPP) Indonesia, menilai keberhasilan Joko Widodo dan Basuki Tjahaja Purnama mendapat suara terbanyak menurut hitung cepat, karena pemilih bersimpati pada figur pasangan nomor urut tiga itu.


"Faktor utama keunggulan Jokowi lebih terletak pada psikologi politik pemilih yang secara emosional bersimpati pada figur Jokowi," kata Koordinator Kajian KIPP Indonesia, Girindra Sandino, menanggapi hasil penghitungan sementara dari quick count, di Jakarta, Rabu.


Tina Talisa foto bareng Jokowi


Bahkan, mesin politik parpol pengusung, terutama Partai Demokrat tidak mampu menunjukkan kapasitas sebagai organ pemenangan, ujarnya.


Jokowi sedang sholat bersama dengan para pendukungnya

Menurut dia, kemenangan Jokowi memang luar biasa, berhasil mengalahkan Fauzi Bowo-Nachrowi Ramli yang jauh lebih awal melakukan mobilisasi dukungan melalui berbagai jalur.

Di hubungi terpisah, Wakil Ketua DPD Laode Ida mengatakan, keunggulan Jokowi-Ahok dalam perhitungan cepat dalam pemilu kada DKI Jakarta menunjukan perlawanan warga Jakarta terhadap hasil survei yang pro kepada pasangan incumbent.


Jokowi berbaur dengan warga nonton OVJ lesehan

Ia mengatakan, kedewasaan dan kecerdasan masyarakat Jakarta dalam menentukan calon pemimpin Jakarta saat ini sudah matang dan tidak terpengaruh dengan isu-isu sempit, melainkan lebih progresif dan matang

Selain karena ingin segudang masalah klasik seperti kemacetan dan banjir terselesaikan, masyarakat menginginkan figur yang benar-benar baru dan terlepas dari gaya otoritarian.


"Ada keinginan masyarakat untuk memiliki figur pemimpin yang sederhana dan menolak sosok yang cenderung arogan," katanya.



Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.