Keluarga Diimbau Buka Puasa Bersama Secara Rutin

Minggu, Juli 29, 2012 0 Comments

Ilustrasi - Walikota Solo, Joko Widodo (Jokowi) membagikan kotak makan untuk berbuka puasa kepada sejumlah anak panti asuhan di Lodjigandrung, Solo, Jateng, Senin (23/7). Buka puasa bersama tersebut diikuti oleh puluhan anak tidak mampu dari panti asuhan. FOTO ANTARA/Akbar Nugroho Gumay
Buka puasa bersama bisa meningkatkan komunikasi yang intens antaranggota keluarga.


Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mengimbau masyarakat yang merayakan bulan suci Ramadan untuk melakukan buka puasa bersama dengan seluruh anggota keluarga secara rutin.

"Buka puasa bersama bisa meningkatkan komunikasi yang intens antaranggota keluarga," kata Kepala BKKBN Sugiri Syarief usai melakukan rangkaian Safari Ramadhan bersama Menko Kesra Agung Laksono di Cirebon, Minggu.

Sugiri menjelaskan, buka puasa bersama merupakan salah satu implementasi dari tujuh fungsi keluarga yang bertujuan untuk meningkatkan ketahanan keluarga.

Ia menyebutkan, ada delapan fungsi keluarga.

Pertama, fungsi Keagamaan yaitu dengan memperkenalkan dan mengajak anak dan anggota keluarga yang lain dalam kehidupan beragama.



Kedua, fungsi Sosial Budaya dengan membina sosialisasi pada anak, membentuk norma-norma tingkah laku sesuai dengan tingkat perkembangan anak, meneruskan nilai-nilai budaya keluarga.

Ketiga, fungsi cinta kasih diberikan dalam bentuk memberikan kasih sayang dan rasa aman, serta memberikan perhatian di antara anggota keluarga.

Keempat, fungsi melindungi bertujuan untuk melindungi anak dari tindakan-tindakan yang tidak baik, sehingga anggota keluarga merasa terlindung dan merasa aman.

Kelima, fungsi reproduksi, merupakan fungsi yang bertujuan untuk meneruskan keturunan, memelihara dan membesarkan anak, memelihara dan merawat anggota keluarga.

Keenam, fungsi sosialisasi dan pendidikan yang merupakan fungsi dalam keluarga yang dilakukan dengan cara mendidik anak sesuai dengan tingkat perkembangannya, menyekolahkan anak.

Ketujuh, fungsi ekonomi adalah serangkaian dari fungsi lain yang tidak dapat dipisahkan dari sebuah keluarga.

Kedelapan, fungsi pembinaan lingkungan, dilakukan dengan cara menjaga kelestarian lingkungan hidup, menciptakan lingkungan hidup yang bersih, sehat, aman penuh keindahan.

Redaktur: Fatimah Azizah
Sumber: antara 



Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.