Ironis, Penyerapan Anggaran Pemerintah Sangat Rendah

Jumat, Juli 06, 2012 0 Comments



Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Keuangan Agus Martowardojo,  dan Menteri ESDM Jero Wacik, menyampaikan keterangan pers di Jakarta tentang perubahan APBN tahun anggaran 2012. FOTO: ANTARA
Menko Perekonomian Hatta Rajasa, Menteri Keuangan Agus Martowardojo, dan Menteri ESDM Jero Wacik, menyampaikan keterangan pers di Jakarta tentang perubahan APBN tahun anggaran 2012. FOTO: ANTARA
Hanya mencapai angka 41 persen

Penyerapan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) pada semester pertama tahun ini 41 persen. Angka tersebut dinilai Koordinator divisi Advokasi dan Investigasi Forum Indonesia untuk Transparansi Anggaran (Fitra), Ucok Sky Khadafi, amat rendah. Menurutnya, setidaknya pemerintah harus sudah bisa menyerap anggaran diatas 50 persen.
 
“Masih sangat rendah (penyerapan), paling-paling penyerapan ini yang paling besar adalah pada belanja pegawai sedangkan untuk program masyarakat pasti rendah sekali,” kata Ucok ketika dihubungi, Jumat sore (6/7).
 
Pemerintah seharusnya bisa mengoptimalisasikan penyerapan anggaran, antara lain dengan mencabut tanda-tanda bintang dalam APBN yakni memastikan dicairkannya anggaran untuk pos tertentu.

Selain pencabutan tanda bintang, setelah di kementerian atau lembaga maka dengan alasan yang tak wajib, seharusnya kementerian tidak menghambat mencairkan anggaran.
 
“Kementerian dan lembaga harus segera mencairkan anggaran,” katanya.

Pada tahun lalu, tiga lembaga atau kementerian yang penyerapannya paling tinggi pada semester pertama yaitu, Lembaga Administrasi Negara dengan 43,6 persen kemudian Polri dengan 42,5 persen dan LIPI dengan 41,4 persen. 

Sementara tiga yang yang penyerapannya terbawah antara lain, Kementerian Negara Pembangunan Daerah Tertinggal dengan 5,7 persen, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral dengan 6,6 persen dan Lembaga Sandi Negara dengan 6,5 persen.

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.