Inilah 7 Gizi Penting Selama Diet

Minggu, Juli 01, 2012 0 Comments



Ilustrasi
Ilustrasi (sumber: Lifewithoutfat.com)
Mengonsumsi nutrisi penting ini sangat bermanfaat bagi kesehatan sekaligus membantu menyukseskan program pelangsingan. 

Memiliki tubuh langsing adalah impian setiap perempuan dan diet adalah cara paling efektif untuk mewujudkannya. 

Namun sayangnya banyak perempuan melupakan kebutuhan gizinya selama melakukan diet. Padahal kebutuhan gizi sangat penting untuk menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh.

Lantas, gizi apa saja yang harus diperhatikan selama melakukan diet agar tubuh Anda tetap sehat ? Berikut penjelasan yang dirangkum oleh Shine.

Kalium
S
ebuah studi di Amerika Serikat menunjukkan, bahwa kalium merupakan salah satu kunci yang dapat membantu mempertahankan tekanan darah yang sehat (normal). Tak hanya itu, kalium juga mendukung kesuburan dan fungsi otot dan syaraf. Agar tetap sehat selama menjalani diet, Anda bisa mendaptakan nutrisi dalam makanan alami seperti, susu, kentang, ubi jalar, alpukat dan pisang.

MagnesiumKekurangan magnesium dalam tubuh tentu saja dapat menyebabkan masalah kesehatan seperti osteoporosis (pengeroposan tulang), tekanan darah tinggi, diabetes, kram otot dan penyakit jantung. Bagi mereka yang suka mengonsumsi alkohol, secara otomatis memiliki risiko tingkat magnesium rendah.

Dengan kata lain, magnesium dapat mencegah penyakit bila Anda mengonsumsi bayam, biji-bijian, kacang-kacangan (terutama almond), dan kacang polong.

Vitamin D
Untuk pengembangan kesehatan tulang, otot, syaraf dan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat, Anda harus mengonsumi banyak makanan alami. Misalnya, ikan salmon, makarel, jamur, hati, keju, kuning telur dan susu. Semua makanan ini merupakan sumber vitamin D yang baik untuk menjaga kesehatan jantung.

Kalsium
Kalsium sering dikaitkan dengan nutrisi yang baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Tak hanya itu, kalsium juga membantu menjaga fungsi otot, denyut jantung, dan menjaga tekanan darah. Agar penyerapan kalsium dalam tubuh lebih maksimal, maka Anda juga perlu asupan vitamin D.

Vitamin CBila selama proses penurunan berat badan kondisi tubuh tidak fit atau mengalami flu, tentu ini merupakan kondisi yang tak menyenangkan. Sebuah studi menunjukkan, bahwa buah-buahan dan sayuran dapat mempercepat proses pemulihan gejala flu. Selain itu, vitamin C juga berfungsi sebagai antioksidan yang membantu melindungi sel dari kerusakan.

Vitamin A
Sangat baik untuk menjaga kekebalan tubuh yang retinol dan karetenoid (beta karoten). Kandungan vitamin A yang baik untuk tubuh dapat ditemukan di beberapa makanan seperti wortel, labu, ubi jalar, bayam dan brokoli.

Serat 
Mereka yang akan dan sedang berusaha untuk menurunkan berat badan, mereka tidak boleh melupakan serat. Mengapa? Karena serat memiliki banyak manfaat kesehatan, selain menurunkan kolesterol juga dapat meningkatkan keteraturan usus. Pun mampu mengurangi risiko penyakit jantung, diabetes dan beberapa jenis kanker. Hal ini karena makanan kaya serat rendah kalori. 

Berita Davina

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

Google+ Followers

Tentang DaVinaNews.com

Davinanews.com Diterbitkan oleh Da Vina Group Davinanews.com adalah situs berita dan opini yang memiliki keunggulan pada kecepatan, ketepatan, kelengkapan, pemilihan isu yang tepat, dan penyajian yang memperhatikan hukum positif dan asas kepatuta Davinanews.com memberikan kesempatan kepada para pembaca untuk berinteraksi. Pada setiap berita, pembaca bisa langsung memberikan tanggapan. Kami juga menyediakan topik-topik aktual bagi Anda untuk saling bertukar pandangan. Davinanews.com menerima opini pembaca dengan panjang maksimal 5.000 karakter. Lengkapi dengan foto dan profil singkat (beserta link blog pribadi Anda). Silakan kirim ke email: davinanews@yahoo.com.